Gempa Guncang Manokwari

Tiga Menteri Terbang ke Manokwari

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah memerintahkan tiga menteri untuk terbang ke Manokwari, Papua Barat. Meski sarana infrastruktur rusak akibat gempa, Presiden menginstruksikan agar ketiga menteri itu harus sampai di lokasi.

"Siang ini, Menteri Perhubungan, Menteri Pekerjaan Umum dan Menteri Sosial berangkat ke Manokwari," ujar Presiden Yudhoyono dalam jumpa pers di Kebun Binatang Ragunan, Pasar Minggu, Jakarat Selatan, Minggu, 4 Januari 2009.

Presiden Yudhoyono sudah mendapat laporan dari Gubernur Papua Barat Abraham Autururi. Dalam laporan itu, lanjut Yudhoyono, disebutkan sejumlah jalan mengalami kerusakan. Beberapa bangunan juga dilaporkan rusak hingga roboh.

"Karena jalan disana rusak, kami tetap akan upayakan apapun agar (ketiga menteri) bisa segera sampai kesana," ujar Yudhoyono. Presiden pun langsung menginstruksikan Gubernur Papua Barat untuk menjalankan langkah tanggap darurat.

Seperti diberitakan, pada pukul 02.43 WIB, terjadi gempa dengan kekuatan 7,2 SR pada kedalaman 10 kilometer di Manokwari. Gempa susulan ke enam pada pukul 05.33 WIB terjadi dengan kekuatan 7,6 SR. Gempa terdeteksi pada koordinat 0.88 Lintang Selatan - 133.38 Bujur Timur dengan kedalaman 10 Km. Sedikitnya, telah terjadi 20 kali gempa susulan setelah gempa pertama.

Rasio Utang Pemerintah 2025 Ditargetkan Naik Jadi 40 Persen, Kemenkeu Buka Suara
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

Menkes: Kalau Mau Mencapai Indonesia Emas 2045, Masyarakat Harus Sehat dan Pintar

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan anggaran Kementerian Kesehatan agar didahulukan daripada pendidikan. Hal itu disampaikan Menkes saat Jokowi hadiri raker

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024