Gempa Guncang Manokwari

Gempa Juga Menguncang Sorong

VIVAnews - Gempa berkekuatan 7,2 dan 7,6 skala richter yang mengguncang Manokwari, Papua Barat, telah merobohkan berbagai bangunan di Sorong. Salah satunya bangunan yang roboh adalah gudang obat di Rumah Sakit Umum Pekerja Sele Be Solu, Sorong.

Berdasarkan informasi yang diterima VIVAnews dari warga Sorong, Junaedi, Minggu, 4 Januari 2009, akibat robohnya tembok gudang obat di Rumah Sakit Umum Pekerja Sele Be Solu itu, kardus-kardus obat berceceran keluar ruangan. Bila melalui perjalanan udara, Sorong dan Manokwari akan ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit.

Untungnya, obat-obatan tersebut masih dikemas di dalam kardus-kardus. Kendati demikian, kardus-kardus obat itu bergeletakan di luar ruang gudang obat tersebut. Rumah Sakit Umum Pekerja Sele Be Solu memang sedang dalam masa pembangunan. Alhasil, beberapa bangunan yang belum rampung menjadi retak dan rusak.

Selain itu, 10 orang warga Sorong dilaporkan mengalami luka-luka. Lima orang mengalami luka parah, dan dua lainnya dilaporkan mengalami patah kaki. Para korban yang awalnya dirawat dan dievakuasi ke Rumah Sakit Sele Be Solu langsung dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Sorong.

Pada pukul 02.43 WIB, terjadi gempa dengan kekuatan 7,2 SR pada kedalaman 10 kilometer di Manokwari. Gempa susulan ke enam pada pukul 05.33 WIB terjadi dengan kekuatan 7,6 SR. Gempa terdeteksi pada koordinat 0.88 Lintang Selatan - 133.38 Bujur Timur dengan kedalaman 10 Km. Sedikitnya, telah terjadi 20 kali gempa susulan setelah gempa pertama.

Guru dan IRT Jadi Korban Pinjol Ilegal Terbanyak, OJK: Cek Legalitas dan Logis Sebelum Pinjam
Sistem Tata Surya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

 NASA telah mengumumkan keberadaan lebih dari 5.000 planet di luar Tata Surya kita, secara tepatnya 5.005 planet, yang sekarang tercatat dalam arsip eksoplanet mereka.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024