MK Diimbau Tak Laporkan Refly ke Polisi

Gayus Lumbuun
Sumber :
  • Antara/ Fanny Octavianus

VIVAnews - Anggota Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat RI, Gayus Lumbuun, berharap permasalahan Refly Harun dengan Mahkamah Konstitusi segera dapat diselesaikan dengan baik. Gayus mengimbau MK tak melaporkan Refly ke institusi kepolisian.

"Saya akan menyarankan, MK tidak menggunakan kewenangannya lalu melaporkan Refly ke hukum baik ke polisi maupun ke KPK," ujar Gayus dalam diskusi Menjaga Lembaga Peradilan Dari Mafia Hukum di Cikini, Jakarta, Minggu, 12 Desember 2010.

Mantan Ketua Badan Kehormatan DPR ini menambahkan pada awalnya sempat bertanya-tanya mengenai pernyataan Refly terkait adanya dugaan suap di tubuh MK. Namun, menurut Gayus MK merupakan motor lembaga penegakan hukum, karena itu mustahil ikut terseret dalam kasus penyelewengan hukum.

"Saya memang bertanya-tanya, apakah MK sudah seperti di pengadilan lain, MK ini adalah andalan kita, penegak konstitusi. Bagaimana kalau lembaga kebanggaan kita jadi seperti ini," katanya.

Namun, dikatakannya, saat ini masyarakat sudah mampu memberikan penilaian, seiring dengan tidak terbuktinya kasus suap yang menghantam lembaga penegak konsititusi ini.

"Publik telah menilai baik dan sudah punya satu keputusan khusus bahwa MK adalah lembaga bersih di negara ini," katanya.

Sementara itu, aktivis Lembaga Penegakkan Hukum dan Strategi Nasional yang juga advokat, Achmad Rifai, mengatakan MK dalam kasus ini telah menunjukkan sikap yang sangat bijaksana.

"Makhfud MD dan Akil Muhtar ke KPK itu proses pembelajaran penegakan hukum yang luar biasa. Itu artinya MK pun siap diperiksa bila terbukti melaksanakan penyelewengan hukum," katanya.

Rifai yang juga menjadi kuasa hukum dua pimpinan KPK, Bibit Samad Riyanto dan Chandra M Hamzah, menambahkan MK dalam kasus ini telah menunjukkan sikap sebagai penjaga Undang-undang serta memberi contoh.

"Ini perlu diapresiasi ketimbang melaporkan Refly ke polisi," katanya. (adi)

Detik-detik Serangan Rudal Israel Tewaskan 3 Anak dan Cucu Pentolan Hamas Ismail Haniyeh
Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Peluncuran dan Pembukaan

Kereta Cepat Whoosh Dikabarkan Mengalami Kebocoran, KCIC Buka Suara

Muncul narasi kebocoran di sambungan gerbong 5 dan 6 dari kereta cepat Whoosh. Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) pun membantah narasi itu.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024