NASIONAL

Hari Nusantara, Wapres Kunjungi Pulau Terluar

Isi penting dari Deklarasi Juanda saat itu adalah penetapan batas 12 mil laut.

ddd
Senin, 13 Desember 2010, 09:10 Arry Anggadha, Bayu Galih
Pulau Sebatik yang berbatasan langsung dengan Malaysia
Pulau Sebatik yang berbatasan langsung dengan Malaysia (Antara/ Eric Ireng)

VIVAnews - Wakil Presiden Boediono hari ini menghadiri Peringatan Hari Nusantara ke-11 tahun 2010 di Balikpapan, Kalimantan Timur. Dalam kesempatan ini, Wapres juga akan mengunjungi Pulau Sebatik, salah satu pulau terluar yang berbatasan dengan Malaysia.

Boediono tiba di Balikpapan sekitar pukul 09.00 di Bandara Sepinggan. Gubernur Kaltim Awang Farouk yang akan menyambut Boediono setiba di Bandara Sepinggan.

Setelah itu Boediono akan menuju Landasan Helikopter Pertamina, Jalan Jenderal Sudirman, Teluk Balikpapan. Peringatan acara akan dimulai pukul 10.00 WIB.

Boediono baru akan mengunjungi Pulau Sebatik besok, 14 Desember 2010, dengan menggunakan helikopter dari Tarakan, Kalimantan Timur. Di Pulau Sebatik Boediono akan meninjau Pangkalan TNI AL dan melihat sejumlah pos pengamanan yang menjaga perbatasan Indonesia dengan Malaysia.

Penetapan Hari Nusantara diperingati setiap 13 Desember, untuk memperingati Deklarasi Djuanda, 13 Desember 1957. Deklarasi itu merupakan pernyataan Pemerintah Indonesia tentang Wilayah Perairan Indonesia.

Salah satu isi penting dari Deklarasi Juanda saat itu adalah penetapan batas 12 mil laut. Selain itu, segala perairan di sekitar, di antara, dan yang menghubungkan pulau-pulau Indonesia adalah bagian yang wajar dari wilayah Indonesia ditetapkan memiliki kedaulatan penuh.

Peringatan Hari Nusantara ini juga akan memberikan penghargaan kepada nelayan dan sejumlah komunitas kelautan.

Dalam peringatan ini, Boediono akan didampingi sejumlah menteri. Antara lain Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi EE Mangindaan. (umi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com