50 Ton Amonium Nitrat dari Malaysia Disita

foto ilustrasi
Sumber :

VIVAnews -- Kapal KLM Salbiana Jaya yang memuat 50 ton amonium nitrat ditangkap Tim Patroli BC 6003,  Minggu, 12 Desember 2010 pukul 12.00 di Perairan Laut China.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Iskandar Hassan mengatakan, kapal tersebut dipimpin oleh tekong. Tabo bin Bia dan membawa 14 awak kapal.

"Kapal tersebut disewa oleh Ja Do yang beralamat di Pulau Wetar, Sulawesi Tenggara dari Ambolao untuk membawa pupuk dari Malaysia," kata Iskandar dalam pesan pendek yang diterima VIVAnews, Rabu, 22 Desember 2010 malam.

Dijelaskan dia, Kapal KLM Salbiana Jaya berangkat dari Pelabuhan Bonerate, Sulawesi Selatan menuju Pasir Gudang Malaysia tampa membawa muatan pada Rabu 10 November 2010.

Sore harinya, di pasir Gudang, muatan pupuk amonium nitrat dimasukkan dalam kapal. Total ada 1.998 karung, dengan berat masing-masing 25 kilogram.

"Pupuk tersebut pengirimnya tidak diketahui karena pada saat kapal sandar di  Pelabuhan Pasir Gudang Malaysia didatangi oleh orang yang belum dikenal untuk mengurus kedatangan kapal dan muatan," tambah Iskandar.

Pupuk tersebut rencananya akan diantar pelabuhan Bonerate Sulawesi Selatan Ja Do. Dalam peruntukannya dinyatakan akan digunakan untuk pupuk perkebunan.

"Pupuk tersebut diketahui tidak dilengkapi manifes barang yang melanggar Undang Undang Kepabeanan," kata Iskandar.

Pengiriman pupuk ini adalah kali ketiganya di tahun 2010 yang dikirim ke Sulawesi.

Kini, polisi sedang mencari tahu, apakah bahan tersebut digunakan sebagai bahan peledak. "Dalam pengembangan penyelidikan dan penyidikan apabila terbukti pupuk tersebut digunakan untuk bahan peledak, pelaku tindak pidana dikenakan Undang Undang Darurat No. 12 Tahun 1951."

Untuk diketahui, amonium nitrat dengan rumus kimia NH­­4NO3­ merupakan padatan berwarna putih berupa kristal yang mudah menyerap air (higroskopis).

Rata-rata, amonium nitrat digunakan sebagai bahan peledak dan sebagian kecil digunakan sebagai campuran pupuk dan pembius. (kd)

MK Tolak Seluruh Gugatan Sengketa Pilpres, Sekjen PAN: Mari Kita Hormati Ujung Proses Pemilu Ini
Sean Gelael raih posisi 1 di sirkuit Imola

Sean Gelael dan Tim WRT 31 Paling Terdepan, Raih Posisi 1 di Imola

Hasil yang mengagumkan diperoleh oleh Tim W Racing Team (WRT) 31 yang di kendarai oleh Sean Gelael dan dua rekam satu timnya, Augusto Farfus (Brasil) dan Darren Leung.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024