3 Cara untuk Angkat Kapal VOC di Mentawai

Tsunami Mentawai
Sumber :
  • Antara/Yudi Mahatma

VIVAnews - Pemerintah tawarkan tiga opsi untuk mengangkut kapal kuno yang tenggelam di perairan Mentawai pasca-terseret arus bawah tsunami 25 Oktober tahun lalu. Kapal kuno diduga kapal dagang milik VOC yang tenggelam di abad XVI.

Menurut Kepala Dinas Perikanan Sumbar Yosmeri, ketiga opsi ini sedang dibicarakan di tingkat pusat. “Ada wacana untuk melibatkan pihak ketiga untuk mengangkat kapal ini,” ujar Yosmesri, Rabu 12 Januari 2011.

Selain itu, dua opsi lainnya yakni mengangkat kapal tersebut dengan menggunakan anggaran negara (APBN) dan melibatkan pihak konservasi. Hingga kini, belum ada kata sepakat terkait opsi mana yang akan diambil pemerintah untuk mengangkat kapal tersebut.

“Kami menunggu keputusan dari pusat saja, sedangkan lokasi masih tetap kami amankan,” ujarnya. Sejauh ini, belum ada kesimpulan dari pihak Tim Dirjen Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (KP3K) yang turun ke lokasi beberapa waktu lalu.

Yosmeri mengaku,sekitar 30 keping barang antik berupa kendi dan keramik yang dibawa ke Jakarta masih dalam pemeriksaan pihak purbakala. Kuat dugaan kepingan tersebut merupakan barang kuno. Hasil penelusuran sementara tim yang diterjunkan Kementerian Perikanan dan Kelauatan bersama arkeolog dari Kementerian Kebudayaan menyatakan barang-barang antik tersebut buatan China dan Vietnam.

Sejarawan Universitas Andalas, Profesor Gusti Asnan, yakin kapal karam itu milik VOC. “Jika diberi kesempatan, mudah untuk menelusurinya,” ujar kata Gusti Asnan. Keyakinannya ini diperkuat dengan literatur sejarah yang menyatakan bahawa sebelum abad ke-16 sedikit sekali kapal asing yang berlayar melewati Samudera Hindia menuju Nusantara. Selain itu, sebelum abad ke XVI, pelayaran umumnya melewati Banda Aceh dan menyusuri Selat Malaka.

Bangkai kapal sepanjang 50 meter itu tak sengaja ditemukan di perairan dangkal sedalam 18 meter di dekat Pulau Sandiang, Pagai Selatan, Kabupaten Mentawai, Sumatera Barat. Kondisi kapal relatif bagus, bahkan satu tiang di bagian tengah kapal masih utuh.

Laporan: Eri Naldi | Padang

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui
Tarisland

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya

Kini, official Tarisland semakin meningkatkan kegembiraannya dengan diumumkannya event Tarisland Superstar, sebuah langkah yang telah menciptakan kehebohan pada komunitas

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024