Jembatan Alternatif Magelang-Solo Dibangun

Banjir lahar dingin di Kali Putih (Fajar Sodiq | Solo)
Sumber :

VIVAnews - Jembatan yang menghubungkan antara Magelang-Yogyakarta-Solo yang melalui Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dibangun kembali setelah sebelumnya hancur diterjang banjir lahar dingin pada 4 Januari 2011.

Jembatan yang hancur tepatnya melewati Desa Wukirsari. Jembatan ini memiliki fungsi vital karena sebagai jalur alternatif menuju Magelang dan Solo tanpa melalui wilayah Kota Yogyakarta.

Jokowi Adakan Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

“Jembatan yang kami bangun sifatnya hanya sementara karena banjir lahar dingin selalu mengintai,” kata Rani Sjamsinarsi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum DIY, Jumat 14 Januari 2011.
 
Pemerintah daerah memang tidak menimbang untuk membangun yang permanen karena ancaman bahaya banjir lahar dingin masih terus terjadi. Jika dibangun jembatan permanen dikhawatirkan akan hancur lagi oleh banjir lahar. Apalagi, sambung dia, saat ini musim hujan.

“Meskipun bangunan sementara, tetapi konstruksi jembatan kuat untuk dilewati oleh kendaraan beroda empat sebab jembatan sementara itu terbuat dari besi baja kuat,” jelasnya.

Sebelum diterjang banjir lahar dingin panjang jembatan tersebut mencapai 7,8 meter. Namun setelah diterjang banjir lahar dingin, panjang jembatan yang dibutuhkan mencapai 25-30 meter. “Jika banjir lahar dingin terus terjadi maka panjang jembatan alternatif akan lebih dari 30 meter,” tandasnya. (sj)


Laporan: Juna Sanbawa | Yogyakarta

4 Jenderal Polri Kompak Bareng Wartawan dan Polwan Sebar Kebaikan di Bulan Ramadan
Bea Cukai musnahkan ratusan ballpress pakaian bekas

Bea Cukai Musnahkan Pakaian Bekas Bernilai Ratusan Juta di Yogyakarta

Bea Cukai Yogyakarta musnahkan ratusan ballpress pakaian bekas hasil penindakan di salah satu gudang PT KOOC Kreasi.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024