Ketua MK: Sebaiknya Gubernur Dipilih DPRD

Mahfud MD
Sumber :

VIVAnews - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menilai, proses pemilihan gubernur dengan dipilih DPRD ataupun pemilihan langsung, keduanya konstitusional. Tetapi, Mahfud lebih condong gubernur dipilih oleh DPRD.  "Itu pilihan politik saja," kata Mahfud MD di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin 31 Januari 2011.

Mahfud menjelaskan, dalam undang-undang dasar hanya disebutkan gubernur dapat dipilih secara demokratis. Tidak dikatakan dipilih DPRD atau langsung.  "Kalau memang itu aturannya, DPR dan pemerintah boleh memilih. Artinya itu soal pilihan saja, dipilih langsung boleh, tidak juga boleh," ujar mantan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Terkait hal itu, Mahfud berpandangan lebih baik gubernur dipilih oleh DPRD. Mahfud mengatakan pendapatnya itu berdasarkan soal praktis dan kemanfaatan. Berdasarkan data di MK, ujar dia, pemilihan secara langsung dapat merusak mental masyarakat. Masyarakat tergantung uang, dan terjadi kecurangan di antara semua pihak yang semuanya merusak.

"Kalau dipilih DPRD, meski misalnya dilakukan dengan cara yang tak benar, yang rusak hanya anggota DPRD. Kalau pemilihan langsung yang rusak rakyatnya," kata Mahfud.

Dia mengusulkan cara lain mengatasi masalah itu. "Misalnya seperti diusulkan Pramono Anung. Kalau ketahuan money politics siapapun dibatalkan. Selama ini kalau money politics kalau tak terstruktur, masif, sistematis masih tetap menang," ujarnya.(np)

Tenang Hadapi DBD! Menkes Pastikan RS Siap Tangani Pasien, Ini Imbauannya untuk Masyarakat
Apel persiapan keberangkatan bantuan kemanusiaan Indonesia ke Gaza

Tak Dapat Izin, Bantuan Kemanusiaan RI untuk Gaza Diterjunkan AU Yordania

 Bantuan kemanusiaan Indonesia via udara atau airdrop untuk warga Gaza, Palestina, diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Hercules C-130 J milik TNI Angkatan Udara

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024