Mengapa Evakuasi WNI Tak Pakai Hercules

C-130J, Hercules varian terbaru
Sumber :
  • airliner.net

VIVAnews - Pemerintah hari ini memulangkan 415 warga negara Indonesia dari Mesir menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Proses evakuasi selanjutnya juga akan menggunakan pesawat Lion Air dan Batavia.

Mengapa tidak menggunakan pesawat militer? Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono menjelaskan, pihaknya sebenarnya telah menyiapkan pesawat Hercules. Namun, ia menilai, keputusan pemerintah memberangkatkan pesawat komersil berbadan besar, tepat.

"Dari Hercules yang kita punya, sembilan yang sudah kita siapkan. Namun kita selalu berhitung efektifitas dan efisiensi dari penggunaan itu.  Garuda lebih efisien," kata Agus di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 2 Februari 2011.

Dijelaskan Panglima, sebuah pesawat Hercules hanya mampu mengangkut 120 orang. Sementara Boeing 747-400 yang digunakan Garuda bisa mengangkut sampai 420 orang. "Artinya, kapasitas Boeing tiga kali lipat dari kemampuan Hercules," kata dia.

Ini berarti juga menghemat penggunaan bahan bakar dan biaya. Meski demikian, TNI tetap menyiapkan Hercules, sembari memantau perkembangan kondisi di Negeri Seribu Menara itu.  "Kita siapkan (Hercules)  tapi semuanya tergantung perkembangan situasi," kata Agus.

TNI, tambah dia, juga telah menerjunkan personelnya membantu kelancaran proses evakuasi di Mesir.

"Lima personel yang kita terjunkan di sana membantu satgas yang dipimpin Pak Hassan Wirajuda. Mereka membantu kelancaran evakuasi, menganalisis perkembangan, kebutuhan evakuasi berikutnya dan kebutuhan logistik," tutur Agus. (umi)

Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel
Tiga orang anggota TNI dikabarkan tersambar petir di depan Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu 24 April 2024 siang.

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Satu prajurit TNI yang menjadi korban tersambar petir di dekat Mabes TNI, Cilangkap, meninggal dunia, karena pendarahan di telinga

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024