Menko Polkam: Pernyataan SBY Bukan ke FPI

Menkopolhukam Djoko Suyanto kunjungi Hasan Tiro
Sumber :

VIVAnews - Juru Bicara Front Pembela Islam (FPI) Munarman menyatakan akan "mem-Ben Ali-kan" Presiden Yudhoyono jika ormas anarkis dibubarkan pemerintah.

"Kalau dia (SBY) terus menghembuskan pembubaran ormas, maka umat dan ormas Islam sangat siap untuk mem-Ben Ali-kan SBY... karena ternyata dia lebih memilih berada di pihak yang bathil," demikian pernyataan Munarman melalui SMS kepada wartawan.

Menanggapi pernyataan bernada ancaman tersebut, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Djoko Suyanto, tidak yakin ormas lain akan melakukan aksi sebagaimana pernyataan Munarman itu. "Memangnya ormas lain bodoh? Ya kita lihat saja apa dia nanti akan seperti itu," kata Djoko di Kantor Presiden, Senin, 14 Februari 2011.

Djoko menjelaskan pernyataan Presiden saat peringatan Hari Pers Nasional pada 9 Februari 2011 tentang pembubaran ormas anarkis tidak dimaksudkan kepada ormas tertentu, termasuk FPI. "Pernyataan Presiden bukan ke FPI, tapi ke semua ormas apapun," dia menjelaskan.

Menurut Djoko, dia yakin FPI tidak akan dibubarkan jika mengikuti aturan yang digariskan Undang-undang No. 8/1985 tentang Organisasi Kemasyarakatan. Karena itu, ormas manapun diminta untuk tidak melakukan aksi-aksi kekerasan.

"Kalau dia mengikuti UU Ormas tentunya tidak (dibubarkan)," ujar Djoko. "Ormas apapun kalau melakukan tindak kekerasan seperti itu (dibubarkan), kan bunyinya begitu. Jangan diartikan yang lain-lain."

Setelah terjadi peristiwa berdarah penyerahan jemaah Ahmadiyah di Cikeusik, Pandeglang; pada peringatan Hari Pers Nasional di Nusa Tenggara Timur, Presiden SBY mengatakan, "Kepada kelompok yang terbukti melanggar hukum, melakukan kekerasan, dan meresahkan masyarakat, kepada para penegak hukum agar dicarikan jalan yang sah dan legal, untuk, jika perlu, membubarkan."

Menanggapi Munarman, dalam sebuah wawancara televisi SBY menyatakan, "Tidak semudah itu lantas Indonesia pasti akan menjadi Mesir. Termasuk yang mengancam saya, 'awas Indonesia kita Mesirkan!' Jangan ancam-mengancam lah. Kondisinya berbeda." (kd)

Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali
VIVA Militer: Serah terima jabatan Komandan Yonif 305 Tengkorak Kostrad TNI

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Serah terima baru saja dilaksanakan di lapangan Sadelor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024