Pemulangan TKI Terlantar Selesai Tahun Ini

Pemulangan TKI Bermasalah : Bandara Soekarno-Hatta
Sumber :
  • ANTARA/Ismar Patrizki

VIVAnews - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menargetkan persoalan tenaga kerja Indonesia (TKI) terlantar dapat dipulangkan tahun ini. Prioritas pemulangan diberikan kepada TKI yang sakit dan bermasalah serta anak-anak.

"Dengan adanya pemulangan massal maupun pemulangan regular, diharapkan tak akan ada lagi TKI yang terlantar di Jembatan Khandara, Jedaah,“ kata Muhaimin, Selasa 15 Februari 2011.

Muhaimin, yang kerap disapa Cak Imin, menambahkan upaya pemulangan TKI ini akan rutin dilakukan setiap hari. Pemerintah punya tiga cara dalam memulangkan mereka. Pertama, pemulangan melalui asuransi, repatriasi yang dilakukan KJRI dan KBRI, serta deportasi oleh negara penempatan.

“Pemerintah bersyukur dapat memulangkan mereka dalam waktu tak terlalu lama, setelah diproses lebih dahulu di tarhil atau kantor imigrasi untuk penyelesaian pembebasan denda dan exit permit-nya," tambah Muhaimin.

Dia juga sudah menginstruksikan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) untuk mendampingi para tenaga kerja yang baru pulang dari Arab Saudi sampai ke kampung halamannya masing-masing. “Penanganan pemulangan TKI terlantar harus diselesaikan secara tuntas."(np)

5 Fakta Menarik Persib Bandung Usai Benamkan Persebaya Surabaya di Liga 1
Pendampingan pembentukan koperasi di Banyuasin

Kementan Dorong Pembentukan Koperasi Guna Bantu Petani Banyuasin Kembangkan Usaha

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan arahan agar jajarannya mampu membangun ekosistem baru di sektor pertanian dan membuat pertanian diminati anak muda.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024