Ulil: Bom Ini Permainan Profesional

Ulil Abshar Abdalla
Sumber :
  • ANTARA

VIVAnews - Salah satu target paket berisi bom, Ulil Abshar Abdala, menilai teror yang ditujukan kepadanya cenderung bermuatan politis, bukan agama. Dia juga menduga pelakunya merupakan anggota kelompok profesional yang berusaha mengaburkan tujuan pengeboman.

"Ini well designed dan well arranged. Pelaku menggunakan paket, nama dan gelar yang khas kelompok tertentu. Ini permainan profesional," kata Ulil yang juga merupakan pendiri Jaringan Islam Liberal (JIL) kepada wartawan di Utan Kayu, Jakarta, Rabu, 16 Maret 2011.

Menurut dia si pengirim paket bom sangat cerdik dalam mendesain aksinya. Keganjilan lain, tambah Ulil, soal bom yang ditaruh di dalam buku. "Biasanya teror dimulai dengan SMS ancaman, tapi ini tidak ada. Dan tiba-tiba sekarang muncul tanpa pemberitahuan."

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Ulil mengaku kerap menerima ancaman pada 5-6 tahun lalu. Namun, kini ancaman itu tidak pernah ada lagi. 

Soal indikasi adanya motif politik, Ulil mengaitkan teror itu dengan sejumlah peristiwa kekerasan yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia. "Saya tidak tahu targetnya apa, tapi peristiwa ini tidak bisa dipisahkan dengan kekerasan yang terjadi di berbagai daerah," kata Ulil.

Apapun motifnya, Ulil yang kini dikawal polisi, menegaskan peristiwa ini telah menciptakan efek teror bagi masyarakat. "Dugaan saya, ini bukan untuk mencelakai tapi untuk memberi warning."

Selasa kemarin, tiga paket bom dikirim sekaligus ke tiga tempat berbeda, yakni kantor Badan Narkotika Nasional, Komunitas Utan Kayu, dan kediaman pemimpin Pemuda Pancasila, Japto S. Soerjosoemarno. Nahas, bom di Utan Kayu meledak dan mengutungkan lengan seorang perwira polisi yang berupaya menjinakkannya. Untuk melihat foto detik-detik meledaknya bom tersebut, klik di sini. (kd)

Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah
Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Gedung Konser Moskow (Doc: X)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Amerika Serikat (AS) disebut toleh Rusia elah mengambil tindakan terburu-buru dengan menyalahkan kelompok teror ISIS, atas teror di Moskow.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024