Gempa 5,0 SR Guncang Maluku

Peta zona rawan gempa
Sumber :
  • vsi.esdm.go.id

VIVanews - Gempa bumi berkekuatan 5,0 skala richter (SR) mengguncang Saumlaki, Maluku. Hingga kiniĀ  belum ada laporan mengenai kerusakan dan korban jiwa dari peristiwa itu.

Menurut informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada Jumat malam 25 Maret 2011, pukul 20.23 WIB. Gempa berada pada kedalaman 88 kilometer.

Pusat gempa berada pada koordinat 8.18 lintang selatan dan 130.52 bujur timur. Gempa terdeteksi berada di arah 91 kilometer barat daya Saumlaki, Maluku. Berdasarkan data dari BMKG gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Indonesia merupakan salah satu bagian wilayah di dunia yang mempunyai sistem seismotonik yang tergolong rumit dengan frekuensi kejadian gempa bumi cukup tinggi.

Dalam laman Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia terletak pada wilayah tumbukan (pertemuan) 3 (tiga) buah lempeng besar berukuran benua yang secara terus menerus bergerak. Ketiga lempeng aktif tersebut adalah Hindia-Australia, Pasifik dan Eurasia.

Berdasarkan data yang terhimpun, diketahui bahwa gempa bumi berkekuatan lebih besar dari 6,5 Skala Richter di permukaan (Ms) berpeluang besar menyebabkan deformasi di daratan maupun di dasar laut. (adi)

Ada Apa dengan Lolly? Ungkapan Capek dan Keinginan Hidup Tenang Jadi Sorotan
Pengemudi Fortuner arogan pakai pelat palsu TNI.

Pengemudi Fortuner Arogan yang Ngaku Adik Jenderal Buang Pelat TNI Palsu di Bandung

Polisi masih mencari barang bukti berupa pelat dinas TNI palsu yang digunakan seorang pria berinisial PGWA pada mobil Fortunernya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024