Pertamina: Tangki Meledak, Korban Nihil

Kebakaran Depo Pertamina di Plumpang
Sumber :
  • Vivanews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Pertamina mengonfirmasi bahwa memang terjadi ledakan di Kompleks I Pertamina Unit Pengilangan IV, Lomanis, Cilacap, Jawa Tengah. Ledakan terjadi pada tangki Naptha 31T2 pada pukul 04.30 WIB, Sabtu 2 April 2011.

Manajer Hubungan Masyarakat PT Pertamina, Agus Amperianto menyatakan kepada VIVAnews.com, ledakan kemudian diikuti kebakaran. "Namun pukul 06.00 tadi, api sudah mengecil," kata Agus saat dihubungi melalui telepon. Namun api masih terus berusaha dikendalikan.

Tanki, kata Agus, saat terjadi ledakan dalam keadaan kosong. Pemompaan minyak ke kompleks pun dihentikan. "Semua water sprinkle tangki diaktifkan dan di sekitar pagar disiram dengan spray," kata Agus. Meski begitu, Agus memastikan, stok pasokan minyak dalam kondisi aman.

"Juga, yang penting, tidak ada korban jiwa," kata Agus yang mendapatkan informasi ledakan dari bagian pemasaran Pertamina.

Sebelumnya, Warso, salah seorang warga yang bertempat tinggal 10 kilometer dari kompleks itu, mengaku juga turut mendengar ledakan di dinihari itu. Kontributor tvOne untuk Cilacap, Robbi Sofwan Amin, yang sedang berada 25 kilometer dari kompleks itu melihat asap hitam membubung dari kejauhan. Diduga, setelah meledak, kilang itu terbakar.

Untuk diketahui, pada 3 Juni 2009 lalu, sebuah kilang minyak di areal unit pengolahan IV Pertamina, Cilacap, Jawa Tengah, juga terbakar. Api juga berkobar pada Rabu siang itu. (adi)

Intip Peluang Timnas Indonesia U-23 Berlaga di Olimpiade Paris 2024
Pembunuh perempuan open BO di Pulau Pari

Terkuak, Motif Pembunuhan Wanita Open BO di Pulau Pari

Pembunuh wanita 'open BO' berinisial R (35) di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, nekat menghabisi nyawa korban karena sakit hati. Hal itu diungkap Kepala Bidang Hubungan Masy

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024