20 April 2011, Malaysia Putus Nasib Poco-poco

Tari poco-poco massal di Malaysia
Sumber :
  • The Malaysian Insider

VIVAnews -- Tarian Poco-poco topik debat panas di Malaysia. Ini gara-gara putusan Jawatankuasa Fatwa Negeri Perak yang mengharamkan tari yang diiringi lagu daerah Sulawesi Utara itu.

Status haram Poco-poco oleh ulama Negara Bagian Perak dilandasi dua hal. Seperti diungkapkan Tan Sri Harussani Zakaria, Poco-poco mirip tarian pemujaan roh di Jamaika. Juga, gerakannya yang ke depan-kiri-kanan-belakang dianggap mengandung elemen Kristiani, membentuk salib.

Untuk mengakhiri pertentangan ini, Dewan Fatwa Nasional -- sebagai otoritas tertinggi-- memutuskan untuk intervensi. Menurut Kepala Departemen Pembangunan Islam Malaysia  (JAKIM), Wan Mohamad Sheikh Abdul Aziz, pertemuan akan digelar pada Rabu April 2011 mendatang untuk membahas isu ini. "Saya berharap mufti-mufti (ulama) dari negara bagian bersabar dan menunggu hasil rapat," kata dia, seperti dimuat New Sabah Times, Senin 4 April 2011.

"Jika salah satu negara telah menyimpulkan temuannya tentang masalah ini, saya mengundang mereka untuk berbagi dengan kami," tambah dia.

Poco-poco populer di Malaysia. Banyak orang tua yang menggunakan tarian ini untuk menjaga kebugaran karena gerakannya yang ringan dan menyenangkan. Poco-poco juga ditarikan oleh siswa, polisi, tentara, dan bahkan tokoh politik.

Saat dinyatakan haram di Perak, protes pun datang dari berbagai kalangan. Bahkan ada ulama yang menyatakan, Poco-poco tak boleh dilarang jika dilakukan semata untuk alasan kesehatan. 

Jika nantinya dinyatakan haram, Poco-poco akan menyusul nasib Yoga yang dinyatakan haram oleh Dewan Fatwa Nasional. Alasannya, bisa mengikis keimanan.

Sama dengan gejolak yang ditimbulkan Poco-poco, pengharaman Yoga juga memicu protes dari kalangan muslim moderat. Perdana Menteri kala itu, Abdullah Ahmad Badawi sampai angkat bicara, kata dia boleh-boleh saja umat muslim mempraktikkan Yoga, selama tak memiliki unsur-unsur ajaran Hindu. (umi)

Presdir P&G: Konsumen Adalah Bos
Fang Cheng Bao Super 9 / Bao 9

BYD Pamer Mobil Super Canggih, Bodinya Furutistik

Raksasa otomotif asal China, BYD melalui merek premiumnya Fang Cheng Bao, meluncurkan tiga kendaraan listrik baru pada Konferensi Musim Semi Fang Cheng Bao. Dua di antara

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024