Terbakarnya Mobil Freeport Mencurigakan

Penembakan Karyawan Freeport Indonesia
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews -- Sebuah mobil milik PT Freepot Indonesia terbalik dan terbakar di mile 37 Tanggul Timur, Papua. Dua karyawan yang ada dalam mobil tewas terbakar.

Kabid Humas Polda Papua, Komisaris Besar Wachyono mengungkapkan, musibah itu diketahui pada Kamis 7 April 2011 sekitar pukul 18.20 WIT. "Piket penjagaan Polres Mimika mendapat telepon dari pihak SRM menyatakan ada kecelakaan kerja di mile 37 Tanggul Timur, sekitar E 220," kata dia, Jumat 8 April 2011.

Ditambahkan Wachyono, pada badan kendaraan sebelah kiri kendaraan terdapat empat lubang, satu lubang lain ditemukan di pintu depan bagian kiri. "Sekitar 7 meter dari posisi mobil ditemukan satu buah selongsong peluru kaliber 5,56 mm," tambah dia.

Jumat pagi, mobil yang jadi barang bukti masih berada di lokasi kejadian. Menunggu alat berat. Polisi lengkap dengan barracuda menjaga lokasi. "Untuk dua jenazah yang ada di dalam mobil sudah tidak bisa dikenali dan pagi ini akan diotopsi," tambah dia.

Sebelumnya, saat dikonfirmasi, juru bicara Freeport, Ramdani Sirait mengatakan, itu adalah kecelakaan. Namun dia enggan berkomentar ketika ditanya apakah kecelakaan itu disebabkan adanya tembakan. ''Polisi masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui secara pasti penyebabnya,''kata Ramdani, Jumat pagi.

Ini adalah penembakan yang kedua. Sebelumnya, pada Rabu 6 April 2011, penembak misterius memberondong mobil Freeport jenis Toyota  LWB dengan nomor 01-4063 yang dikendarai oleh Abdul Simanjuntak dan Agus Patah.

Penembakan terjadi sekitar pukul 14.40 WIT di Jalan Kali Kopi mile 37, Wilayah Tanggul Timur. Para penembak menyerang dari arah depan. Kaca depan mobil  dan sebelah kiri hancur. Penembak misterius itu juga menembak bagian samping kiri mobil yang tembus ke jok kursi belakang.

Akibat penembakan itu,  Abdul Simanjuntak terkena pecahan proyektil pada punggung belakang. Sementara, Agus Patah yang duduk di sampingnya selamat, meski luka ringan.

Untuk diketahui, selama ini area tambang Freeport kerap jadi sasaran tembak. Aksi penembakan misterius di areal pertambangan PT Freeport berulang kali terjadi sejak Juli 2009. Pada 24 Januari 2010 misalnya, iring-iringan kendaraan karyawan PT Freeport ditembak di Tembagapura, Papua. Akibatnya, delapan orang mengalami luka berat dan ringan, satu di antaranya adalah warga negara Amerika Serikat.

Laporan: Banjir Ambarita| Papua, umi

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran
Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Djuhandhani Rahardjo Puro

Indonesian Students Victim of Germany Human Trafficking Mostly In Debt

The Indonesian police have uncovered many students who have become victims of an international human trafficking network to Germany, where they are trapped in debt.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024