HUT TNI AU, Atraksi 'Cinta' Di Langit Halim

Manuver enam pesawat tempur TNI AU di Koarmatim Ujung Surabaya. Ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA/Eric Ireng

VIVAnews - Enam pesawat latih menjadi pemandangan yang begitu cantik di langit Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Di tangan pilot-pilot TNI Angkatan Udara, pesawat ini berputar, menukik, bahkan membentuk berbagai formasi.

Setelah hampir sebelas tahun absen, Jupiter Aerobatic Team (JAT) hadir di puncak peringatan HUT TNI AU ke-65, Sabtu 9 April 2011. Dipimpin Letkol Pnb. Ramot Sinaga, JAT tampil dengan enam pesawat latih baru pabrikan Korea KT- 1B berwarna merah dengan garis panah putih. Salah satu akrobat yang ditampilkan para pilot ini adalah membentuk hati di udara.

Diawali dengan atraksi dua pesawat membentuk tanda hati di udara, sementara empat pesawat lainnya terbang beriringan lalu berputar berurutan, ke sebelah kanan. "Ini bukti cinta tanah air. Terimalah persembahan dari Jupiter Aerobatic Team. Manuver Heart," demikian narasi yang terdengar mengiringi desingan pesawat-pesawat ini.

Selain itu, keenam pesawat juga menyajikan pertunjukkan indah lainnya, seperti Jupiter Roll yaitu berputar 360 derajat bersamaan, sejajar garis langit. Setelah itu mereka tampil dengan beberapa formasi yaitu Mata Panah dan Daun Semanggi.

Atraksi JAT ini kemudian disusul dengan keluarnya tiga pesawat tempur teranyar buatan Rusia, Sukhoi.

Peringatan HUT TNI AU ini pun dimeriahkan terjun payung Paskhas berupa free fall oleh 65 personel melakukan relative work membentuk angka 65 melambangkan usia TNI Angkatan Udara. Mereka merupakan gabungan dari 144 personel satuan tempur dan 30 personel dari Combat SAF. Mereka diterjunkan dari enam pesawat C130 Hercules dan empat Helikopter Puma 4 330/NAS 332 buatan PT Pindad.

Hadir dalam acara tersebut Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, Kepala Staf TNI Angkatan Darat George Toisutta, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksaman TNI Soeparno, Kapolri Jend Timur Prodopo, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan sejumlah perwira tinggi di lingkungan TNI. (umi)

Jelang Lebaran, Irish Bella Ajarkan Anak Cara Bedakan Nominal Uang THR
Otto Hasibuan, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Otto Hasibuan Klaim Pemilu 2024 Paling Damai, Bukan Paling Buruk

Wakil Ketua Tim Pembela Hukum Prabowo-Gibran, Otto Hasibuan menegaskan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 merupakan yang paling damai dan baik bukan pemilu paling buruk.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024