Bom Cirebon

Golosse: Temuan di TKP Ada di Rumah M Syarif

Buku nikah M Syarif, terduga pelaku bom Cirebon
Sumber :
  • Dedy Priatmojo/VIVAnews

VIVAnews - Sekitar lima jam sudah penggeledahan polisi dilakukan di kediaman Muchamad Syarif, lelaki yang diduga pelaku bom bunuh diri di masjid Markas Polresta Cirebon. Hasil penggeledahan di rumah Syarif sejak pukul 16.00 hingga 21.00 WIB itu menemukan keterkaitan dengan tempat kejadian di Masjid Polresta Cirebon.

"Banyak hal-hal yang ditemukan di Polresta Cirebon, ada di sini (rumah M Syarif)," kata Direktur Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komisaris Besar Polisi Petrus Golosse, usai memimpin penggeledahan di kediaman M Syarif, di Desa Panjalinan Kidul, Kecamatan Sumberjaya RT 3 RW 1 No 12 Majalengka, Jawa Barat, Minggu malam 17 April 2011.

Menurut Petrus, ada beberapa peralatan ditemukan di kediaman pria yang bekerja sebagai karyawan lepas disain grafis ini. Temuan-temuan itu akan dibawa dan diteliti keterkaitannya dengan aksi bom bunuh diri pada saat salat Jumat 15 April lalu.

Apa saja yang ditemukan di kediaman M Syarif? "Komponen elektronik. Ada beberapa terutama hard ware (perangkat keras), ada kabel-kabel," ujar penulis buku 'Deradikalisasi Teroris' ini.

Petrus melanjutkan, semua temuan ini berdasarkan hasil penyisiran di beberapa titik kediaman M Syarif. Barang yang ditemukan itu akan diuji di laboratorium dan unit identifikasi. "Tentu bekerjasama dengan semua pihak," kata mantan Kepala Unit Cyber Crime ini.

Penggeledahan ini juga melibatkan sekitar 15 orang personel Densus 88 Polda Jawa Barat, 5 orang dari Gegana Polda Jawa Barat, dan dua unit mobil Tim Inafis melakukan penggeledahan.

Keyakinan polisi bahwa M Syarif adalah pelaku bom Cirebon karena ada kemiripan dari ciri fisik. Tetapi, polisi masih menunggu kepastian dari tes DNA ayah dan ibu kandung M Syarif.

"MS kita meyakini, karena persentasenya sekitar 90 persen," kata Kapolda Jawa Barat Irjen Polisi Suparni Parto saat mendampingi Menteri Kesehatan di RS Pelabuhan Cirebon, Minggu, 17 April 2011.

Umat Islam di Amerika Serikat Bakal Rayakan Idul Fitri Rabu 10 April 2024
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Polda Metro Klaim Wilayah Jakarta Aman saat Malam Takbiran

Polda Metro Klaim Wilayah Jakarta Aman saat Malam Takbiran pada Selasa malam, 9 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024