Bali Tantang IMBI Tertibkan Moge Bodong

Parkir Moge di Taman Kota Washington DC
Sumber :
  • VIVAnews/Nenden Novianti

VIVAnews -- Motor gede atau moge akhir-akhir ini jadi sorotan di Bali. Gara-gara insiden yang melibatkan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika di Baturiti, Tabanan, Sabtu 23 April 2011. Saat itu mobil sang gubernur yang tanpa pengawalan dipepet dan dipaksa menepi oleh konvoi moge Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI).

IMBI telah meminta maaf, namun bukan penertiban moge lantas dihentikan. Setelah Dirlantas Polda Bali berhasil menyita 8 unit moge bodong, 349 unit lainnya jadi bidikan.

Demikian disampaikan Kepala Biro Humas Pemprov Bali, I Putu Suardhika. Ia  mengaku sudah melakukan koordinasi  dengan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Daerah Bali, Dinas Pendapatan Daerah Bali, LLAJR dan Ditlantas Polda Bali untuk melakukan pendataan yang disertai penertiban seluruh moge di Bali.

"Dari hasil pendataan menunjukkan ada sekitar 349 unit moge di Bali yang dinyatakan tidak memiliki surat-surat resmi alias bodong. Bahkan, jumlah tersebut akan bertambah jika pihak Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) Bali mau bekerjasama untuk melakukan pendataan," ujarnya, Selasa 26 April 2011.

Menurut Suardhika, jika dicek lebih jauh berdasarkan tahun produksinya, pajak dari sejumlah kendaraan bodong tersebut bisa memberi pemasukan untuk Bali hingga mencapai puluhan juta rupiah. Bahkan, setelah dilakukan pengecekan lebih lanjut, moge bodong tersebut ternyata memiliki nomor plat di luar Bali.

"Kebanyakan moge-moge bodong itu plat nomornya dari luar Bali. Jika ini bisa kita tertibkan, Bali akan memperoleh puluhan juta bahkan mungkin ratusan juta dari pajak. Karena semakin muda tahun pembuatan motor, semakin mahal pajaknya," terangnya.

SKK Migas: Komersialisasi Migas Harus Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri

Laporan Bobby Andalan| Bali, umi

Ilustrasi tagian listrik PLN membengkak.

Tarif Listrik April-Juni 2024 Diputuskan Tidak Naik

Kebijakan tidak menaikan tarif listrik pada April-Juni 2024 merupakan upaya pemerintah dalam menjaga daya beli masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024