Merpati Jatuh

Jenazah Pramugari Merpati Dimakamkan

Sumayani Pramugari Merpati MA60
Sumber :

VIVAnews -- Setelah menempuh ratusan kilometer, jenasah Sumayani (32), salah satu pramugari yang tewas akibat jatuhnya pesawat Merpati MA 60,  tiba di Semarang, Jawa Tengah.

Jenazah Sumayani berangkat dari Sorong Papua pada hari Minggu, 8 Mei 2011 sore. Sejatinya ia akan dijemput Ranu Adhi, suaminya, namun karena cuaca buruk, sang suami tertahan di Makasar. Untunglah peti jenazah sudah dalam perjalanan sehingga Ranu bisa bertemu jasad orang yang dikasihinya di Makasar.

"Dari Makasar jenasah langsung diterbangkan ke Surabaya dan dibawa ke Semarang menggunakan jalan darat. Langsung ke rumah ibu almarhumah, yakni di Jalan Bustaman Semarang," kata Sudiyarto, manajer awak kabin Merpati Nusantara Airlines, Senin  9 Mei 2011.

Setiba di rumah orang tuanya, warga berjubel menyambut. Sekitar empat jam kemudian, jenasah dibawa ke rumah duka di Jalam Ganesha 20 Perum Kekancan Mukti Semarang. Di rumah suaminya ini, jenazah disemayamkan sekitar 30 menit, untuk memberi kesempatan kepada para tetangga memberikan penghormatan terakhir.

Beberapa pramugari Merpati terlihat datang juga ke rumah duka. "Kami sangat kehilangan, dia teman yang baik," ungkap Arterina teman satu kamar Yani di mess Merpati. Menurut beberapa kawannya, Yani termasuk sosok pendiam, tapi juga terkenal ramah sehingga disenangi banyak orang.

Di bawah terik matahari menyengat siang tadi, jenazah Sumayani dimakamkan di pemakaman keluarga, kompleks pemakaman umum Ganesha Pedurungan Tengah, Semarang.

Pemakaman keluarga ini baru selesai disiapkan lima bulan lalu. "Ini untuk menyediakan Pak Ranto dan Bu Ranto, mertua Mbak Sumayani yang sudah sepuh. Agar tidak merepotkan perawatannya kalau kelak dikubur," kata Endang, salah satu kerabat.

Sementara, Djoko Sutomo Kepala Cabang PT Jasa Raharja Persero Jateng yang hadir dipemakaman menyatakan jika hari ini asuransi jasa raharja untuk Sumayani akan segera diberikan kepada ahli waris .

"Sesuai UU No.33 santunan akan diberikan sebesar Rp 50 juta untuk korban kecelakaan pesawat. Dan karena tadi malam kita sudah ke rumah duka, sehingga persyaratan sudah lengkap. Hari ini rencananya santunan akan langsung diberikan," terang Djoko.

Laporan: Puspita Dewi| Semarang

Inggris, AS Berikan Sanksi pada Tokoh Militer Terkemuka Iran Usai Serangan Terhadap Israel
Ilustrasi cadangan devisa, utang luar negeri, modal asing, dan devisa hasil ekspor.

Utang Luar Negeri RI Februari 2024 Naik Jadi US$407,3 MIliar, Ini Penyebabnya

Bank Indonesia (BI) mencatat, Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Februari 2024 sebesar US$407,3 miliar. Jumlah itu mengalami kenaikan US$1,6 miliar dari Januari 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024