Mengapa Kuda Memakai Sepatu?

VIVAnews – Bukan hanya manusia yang menggunakan sepatu untuk melindungi kakinya. Kuda- kuda yang ada di pacuan atau yang sering kita lihat di pusat rekreasi juga menggunakan sepatu. Tetapi, kalau manusia menggunakan sepatu yang terbuat dari kulit, dan kuda menggunakan sepatu yang terbuat dari besi.

Lalu, mengapa kuda menggunakan sepatu yang terbuat besi ? Kaki kuda itu terdiri dari jari-jari kaki yang cukup besar dan bentuknya miring. Jika pada kebanyakan hewan, jari-jari kakinya memiliki cakar, maka kuda hanya memiliki kuku. Kuku ini, ada di sekeliling jari kakinya.

Nah, daerah di sekeliling kuku itu “mati rasa”. Jadi, tidak akan merasa sakit meskipun terluka. Lalu bagian tengah kaki kuda itu ada semacam kulit lembut dan tidak terlindungi oleh apapun. Jika kuda mengangkut beban yang berat sambil berlari maka bagian tersebut bisa saja menyentuh tanah dan terluka dan berjalan pincang.

Untuk itu, dibuatlah sepatu besi untuk melindungi kulit lembut yang ada di kaki kuda agar terhindar dari luka. Selain itu, ternyata dengan menggunakan sepatu besi kuda akan berlari lebih cepat. Jadi, sepatu kuda sama fungsinya seperti sepatu yang kita gunakan, yaitu untuk melindungi kaki. Tentu saja tidak semua kuda memakai sepatu besi. Hanya kuda-kuda yang dipelihara atau dirawat manusia saja yang menggunakan sepatu.

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng
Kemenkominfo gelar nobar webinar

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Webinar "Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital"

Kemenkominfo mengadakan kegiatan webinar “Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital” dalam rangka meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024