NII

Buat Apa Menteri Agama Kunjungi Al-Zaytun

Suryadharma Ali
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Hari ini Menteri Agama Suryadharma Ali berkunjung ke Pondok Pesantren Al-Zaytun di Indramayu, Jawa Barat, Rabu, 11 Mei 2011. Apa saja agenda sang menteri?

"Ya, ini dalam rangka kunjungan Menteri Agama ke Al Zaytun. Kunjungan biasa saja," kata Kepala Sub Bag Humas Kementerian Agama, Helmi Sugiarto kepada VIVAnews.com.

Helmi menjelaskan, kunjungan menteri agama itu antara lain untuk mengklarifikasi sejumlah kabar yang berkembang bahwa Pesantren Al Zaytun yang dipimpin Panji Gumilang adalah sarang Negara Islam Indonesia (NII). "Kemungkinan hal itu juga akan diklarifikasi Pak Menteri," ujar dia.

Dalam lawatannya, Menteri Agama didampingi Dirjen Bimas Islam Nasarudin Umar dan Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali. Rencananya rombongan akan tiba di Pondok Pesantren yang berlokasi di Indramayu Jawa Barat itu sekitar pukul 09.00 WIB.

Menteri Agama Suryadharma Ali kemarin sudah menegaskan agendanya berkunjung ke Al-Zaytun untuk menggali info lebih banyak. "Apakah ada kaitan antara Al-Zaytun dengan NII, dan sejauh mana keterkaitannya,” kata Suryadharma.

Al-Zaytun tengah menjadi sorotan publik setelah sejumlah pihak mengungkapkan bahwa pondok pesantren megah di Indramayu itu tak lain adalah markas NII Komandemen Wilayah IX. Kasus NII sendiri kembali mengemuka setelah terkuak berbagai kasus pencucian otak pegawai pemerintah, mahasiswa, hingga anak-anak pelajar. Organisasi ini ditengarai berada di balik aksi meresahkan tersebut.

Untuk itu, Kementerian Agama juga akan membahas persoalan ini bersama-sama dengan Kementerian Pendidikan Nasional. “Tanggal 12 Mei nanti kami akan mengudang Diknas,” jelas Suryadharma.

Dengan berkunjung ke Al-Zaytun dan pertemuan dengan Diknas itu, ujar Suryadharma, diharapkan bisa menutup celah bagi gerakan radikal yang ingin memecah-belah bangsa. “Termasuk menutup celah untuk ajaran-ajaran sesat,” tegas Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan itu.

Suryadharma pun mendukung langkah kepolisian yang saat ini terus mengusut sepak terjang NII. Menurutnya, gerakan seperti ini harus diwaspadai sebab “mengancam keutuhan bangsa.” (kd)

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya
Rizky Nazar

Dituduh Selingkuh, Rizky Nazar Meradang Beri Respons Begini

Aktor Rizky Nazar saat ini tengah ramai diperbincangkan lantaran hubungan asmaranya dengan Syifa Hadju dikabarkan tengah retak yang disebabkan oleh dugaan orang ketiga.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024