Eks NII Beber Kaitan Al Zaytun-NII ke Polri

Imam Supriyanto Mantan Menteri Peningkatan Produksi NII
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews -- Mantan Menteri Peningkatan Produksi Negara Islam Indonesia (NII), Imam Supriyanto memberikan keterangan kepada penyidik Polri terkait laporan dugaan pemalsuan dokumen yang dilakukan pimpinan Pesantren Al-Zaytun, Panji Gumilang. Dalam keterangannya, Imam juga membeberkan keterkaitan Panji Gumilang dengan gerakan NII.

"Dalam keterangan saya itu, juga ada masalah makar," kata Imam kepada VIVAnews.com, Rabu 11 Mei 2011.

Sebelumnya, Imam melaporkan Panji Gumilang ke Mabes Polri dengan tuduhan pemalsuan dokumen. Imam merasa diberhentikan secara sepihak dari kepengurusan Al-Zaytun oleh Panji Gumilang dengan cara memalsukan tanda tangan dan akta yayasan. Selasa, 10 Mei kemarin, Imam memberikan keterangannya sebagai pelapor.

Selain kepada penyidik, Imam juga menjelaskan keterkaitan Panji Gumilang dengan NII kepada tim yang ditunjuk Mabes Polri untuk menangani masalah NII. "Kita kemarin diskusi soal keterkaitan tersebut," kata dia.

Dia menceritakan, telah mengenal Panji Gumilang sejak 1988. Saat itu, Panji Gumilang menjabat sebagai Kepala Staf Komandemen Wilayah 9 NII. "Saya juga cerita bagaimana sejarah berdirinya Al-Zaytun dan bagaimana kaitannya dengan NII," kata dia.

Menurut dia, dalam diskusi itu, polisi mengatakan segera mendalami cerita yang dia sampaikan. "Yang didalami kaitan makarnya," kata dia.

Imam pun berjanji kepada Kepolisian akan menyerahkan bukti-bukti keterkaitan antara Panji Gumilang, Al-Zaytun, dan NII. "Dalam seminggu, akan saya sampaikan bukti-bukti itu. Ini inisiatif saya sendiri," kata dia.

Sejumlah pihak menuding Pesantren Al-Zaytun yang berada di Indramayu, Jawa Barat sebagai pusat pemerintahaan NII. Panji Gumilang alias Abu Maarik diduga sebagai presidennya. Namun, tudingan itu telah dibantah oleh Panji Gumilang.  (eh)

Ganjil Genap Tidak Diterapkan bagi Kendaraan ke Merak Saat Mudik, Polri Ganti dengan Sistem Ini
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho membagikan takjil bersama wartawan

4 Jenderal Polri Kompak Bareng Wartawan dan Polwan Sebar Kebaikan di Bulan Ramadan

Divisi Humas Polri bersama wartawan melakukan kegiatan mulia di bulan ramadan dengan berbagi takjil gratis ke pengendara.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024