Waisak, Borobudur Terbuka untuk Umum

Liburan tahun baru di Borobudur
Sumber :
  • ANTARA/Anis Efizudin

VIVAnews - Meski perayaan Waisak dipusatkan di Candi Borobudur, Jawa Tengah, pihak pengelola Taman Wisata Candi Borobudur tetap membuka lokasi wisata itu untuk masyarakat umum. Bahkan, jumlah pengunjung hari ini diperkirakan meningkat tiga kali lipat dibandingkan hari biasa.

"Pengunjung dari masyarakat umum tetap bisa masuk ke Candi Borobudur. Sebab, jadwal detik-detik Waisak akan berlangsung pukul 18.30 WIB. Dengan begitu, jam kunjungan wisata dengan detik-detik Waisak tidak berbenturan,” ujar Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur, Pujo Suwarno, Selasa, 17 Mei 2011.

Selanjutnya, ia menambahkan, setelah jam wisata tutup, para pengunjung dan masyarakat umum diberi kesempatan untuk melihat dari dekat prosesi puncak perayaan Waisak. "Kami membolehkan masyarakat untuk datang nanti malam pada detik-detik Waisak," kata dia.

Terkait adanya perayaan Waisak di candi yang pernah masuk dalam tujuh keajabaian dunia ini, ia memperkirakan jumlah pengunjung akan mencapai di atas 10 ribu orang. "Ya, kira-kira naik tiga kali lipat dibandingkan hari biasa. Sebab, biasanya hanya sekitar 3.000 orang per hari," tutur Pujo. (art)

Laporan: Fajar Sodiq | Solo

Andi Gani Dorong Markas Brigade KSPSI Jadi Garda Terdepan Perjuangkan Hak Buruh
Rusia Kirimkan 29 Ton Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

Russia Delivers Over 29 Tons of Humanitarian Aid for Gaza

Russia on Wednesday said the country delivered over 29 tons of humanitarian aid for the besieged Gaza Strip, where more than 32,400 Palestinians have been killed since Oc

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024