NASIONAL

Cucu: Tempat Lahir Soekarno Bukan Polemik

"Kita lihat saja dari sejarah yang ada. Jangan kemudian kita memutarbalikkan."

ddd
Selasa, 31 Mei 2011, 14:09 Elin Yunita Kristanti, Mohammad Adam
Presiden RI Pertama Ir.Soekarno
Presiden RI Pertama Ir.Soekarno (chello.nl)

VIVAnews -- Peringatan hari lahir Presiden Soekarno ke-110 akan berlangsung 6 Juni 2011 mendatang. Tepat di hari itu, warga Surabaya akan memasang prasasti di sebuah rumah di Jalan Lawang Seketeng, Surabaya, yang sekarang berubah nama menjadi Jalan Pandean IV.

Rumah itu diyakini sebagai tempat lahir Sang Proklamator. Menurut Ketua Umum Soekarno Institute, Peter A. Rohi, Bung Karno lahir di Surabaya, bukan Blitar yang selama ini tertulis di literatur sejarah.

Apa tanggapan keluarga Soekarno? Saat ditanya, cucu Soekarno, Puan Maharani justru mempertanyakan status kelembagaan Soekarno Institute dalam hubungan dengan keluarga Soekarno. "Apa sih Soekarno Institute itu? Baru denger nih," ujar Puan di DPR RI, Jakarta, Selasa 31 Mei 2011.

Puan enggan berpendapat soal pendapat itu."Saya tidak mau komentari Soekarno Institute karena tidak ada kaitannya dengan keluarga maupun secara institusi. Kami punya Yayasan Bung Karno. Itu yayasan yang memang berada dalam wilayah keluarga. Tapi ini nggak jelas jadi saya juga nggak mau komentar," kata Puan.

Menurut Puan, catatan sejarah sudah jelas menerangkan di mana tempat kelahiran Soekarno. Hal tersebut menurutnya jangan dipertentangkan lagi sehingga menimbulkan polemik. "Kita lihat saja dari sejarah yang ada. Jangan kemudian kita memutarbalikkan sejarah," kata Puan.

"Menurut saya nggak perlu jadi polemik lagi. Kita harus lihat beliau (Soekarno) sebagai the founding father yang punya banyak jasa pada bangsa dan negara ini. Jadi jangan kemudian hal ini dipertentangkan dan menjadi polemik," kata Puan. (eh)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com