Kelemahan Edhie Jabat KSAD: Jadi Kerabat SBY

Pangkostrad Letjen TNI Pramono Edhie Wibowo
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Panglima Komando Strategi Angkatan Darat Letnan Jenderal Pramono Edhie Wibowo disebut-sebut merupakan sosok terbaik untuk menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). Oleh sementara kalangan, dia dianggap layak menggantikan KSAD Jenderal TNI George Toisutta yang segera memasuki masa pensiun.

Pengamat militer dari Universitas Indonesia Andi Widjajanto mengatakan dari jenjang karier kemiliteran, memang tidak ada masalah bagi adik Ibu Negara Ani Yudhoyono ini untuk memegang tongkat komando baju hijau. Namun, Andi khawatir hubungan kekerabatannya dengan Presiden Yudhoyono justru bisa menjadi kendala.

"Itu satu-satunya kelemahan. Seandainya tidak ada hubungan kekerabatan, mungkin tidak akan ada kebimbangan," kata Andi kepada VIVAnews.com.

Andi memprediksi karena itu jalan Edhie menuju posisi KSAD tidak akan tanpa hambatan sama sekali. "Pasti ada beberapa nama lagi yang akan dicoba untuk diajukan sebagai KSAD," ujarnya.

Andai jadi menjabat KSAD, Andi memperkirakan peluang Jenderal Edhie untuk melaju ke posisi Panglima TNI, kecil. "Untuk jadi Panglima TNI susah, karena dia akan memasuki masa pensiun sekitar tahun 2013," katanya.

Sebelumnya, anggota Komisi I DPR dari PDI Perjuangan Tubagus Hasanuddin menyatakan Edhie layak menjadi KSAD. Menurut dia, hubungan keluarga dia dengan SBY tidak perlu menjadi penghambat, karena dari sisi kemiliteran dia layak menempati posisi amat strategis itu.

"Kalau saya melihat, alangkah tidak pas kalau ada orang yang sudah pada saatnya naik tapi karena saudara Presiden jadi tidak boleh. Kita beri kesempatan. Kalau beliau menjabat ada yang tidak pas kita kritisi. Beliau dua tahun lagi pensiun, jadi tidak bisa jadi Panglima TNI," jelas Hasanuddin. (adi)

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah
Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024