Kapolri: Nunun Buronan Internasional

Foto Nunun Nurbaeti dalam persidangan Panda Nababan
Sumber :
  • ANTARA

VIVAnews --  Red notice untuk tersangka kasus suap cek pelawat, Nunun Nurbaeti telah dikeluarkan sejak 8 Juni 2011. Namun, hingga kini, nama istri mantan Wakapolri, Adang Daradjatun itu tak muncul dalam daftar buronan di laman National Central Bureau International Police (NBC Interpol) Indonesia.

Mengapa? Ditanya soal itu, Kepala Kepolisian Jenderal Timur Pradopo menegaskan, Nunun sudah resmi menjadi buronan Internasional. "Saya kira sudah kami sampaikan kepada Interpol," kata Timur di DPR, Senayan Jakarta, Senin 13 Juni 2011.

Berdasarkan penelusuran VIVAnews.com, hingga Senin 13 Juni 2011, terakhir kali Interpol merilis daftar red notice pada 29 April lalu terhadap tiga orang yang masuk daftar buron.

Mereka adalah David Dargaville Hosking, warga negara Selandia Baru yang terlibat kasus penggelapan, Natalie Elaine Le Clerc, warga negara Australia, juga terlibat dalam kasus penggelapan, dan Halim Winata, warga negara Indonesia yang terlibat dalam kasus pembunuhan.

Kepala Badan Penerangan Umum, Kombes Pol Boy Rafli Amar, yakin bahwa foto Nunun sudah terpampang di laman Interpol. "Sudah sudah coba cek lagi, salah buka kali" kata Boy di Gedung DPR.

Keberadaan Nunun terus diburu terkait kasus suap pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK telah minta bantuan Interpol untuk memulangkan Nunun.

Keberadaan Nunun yang kabur ke luar negeri hingga saat ini belum jelas. Awalnya, Nunun diduga berobat ke Singapura. Namun, belakangan, Nunun juga terdeteksi pernah ke Thailand dan Kamboja. Bahkan, Nunun diduga menggunakan paspor keponakannya dalam pelarian itu.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024