Ubur-ubur Beracun Serang Pantai Selatan Yogya

Box jellyfish, ubur-ubur kotak atau Chironex fleckeri, hewan paling beracun
Sumber :
  • factzoo.com

VIVAnews - Memasuki musim kemarau, wisatawan yang berkunjung ke pantai selatan Yogyakarta diminta untuk mewaspadai serangan ubur-ubur beracun. Saat musim kemarau tiba, ubur-ubur beracun banyak bermunculan. Dermikian disampaikan Sekretaris Tim SAR Pantai Parangtritis, Taufik M. Faqi di Bantul, Yogyakarta, Selasa, 28 Juni 2011.

Menurut dia, ubur-ubur beracun akan muncul sesuai dengan musimnya, yaitu antara bulan Juni hingga bulan September. Kemunculan ubur-ubur tersebut tak terduga. "Pada hari Sabtu (25 Juni 2011) ubur-ubur muncul di kawasan Pantai Parangtritis dan mengenai sekitar 10 wisatawan," kata Taufik.

Menurut dia, sengatan ubur-ubur itu menyebabkan rasa sakit pada tubuh manusia. "Jika terkena atau memegang ubur-ubur beracun tersebut, akan terasa sangat panas pada bagian tubuh yang terkena," kata dia.

Taufik menyatakan ciri-ciri ubur-ubur beracun itu berbetuk seperti gelembung air, berwarna putih kebiru-biruan. Biasanya, kata dia, ubur-ubur beracun ada di tepi pantai atau di dalam gulungan ombak.

Bea Cukai Ajak Masyarakat Berantas Rokok Ilegal di Jember dan Banyuwangi

"Bentuknya memang seperti gelembung air, terkadang menjadi mainan anak-anak," kata dia. "Sehingga saat terkena di bagian tubuh, anak-anak kesakitan luar biasa. Bahkan, ada juga yang pingsan tak kuat menahan rasa sakitnya."

Tim SAR sendiri, kata Taufik, akan memberikan peringatan kepada wisatawan ketika ubur-ubur beracun tersebut keluar dari laut. "Meski demikian ada saja wisatawan yang nekat bermain dengan ubur-ubur beracun tersebut. Kami juga sudah menyiapkan obat untuk wisatawan yang terkena ubur-ubur beracun," ujarnya. (Laporan: Juna Sanbawa, Yogyakarta | kd)

Prabowo Subianto dan Megawati Soekarnoputri Semeja

Petinggi Gerindra Sebut Tak Perlu Ada Rekonsiliasai Prabowo dengan Megawati

Petinggi Partai Gerindra menilai Prabowo Subianto dan Megawati Soekarnoputri tidak perlu melakukan rekonsiliasi karena mereka tidak pernah terlibat dalam perselisihan.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024