Bali Pentaskan Tari Adaptasi Epos Mahabarata

Penggalan tari adaptasi epos Mahabarata
Sumber :
  • Bobby Andalan/Bali

VIVAnews - Pusat Kebudayaan India di Bali mempersembahkan pertunjukan tari yang diadaptasi dari wiracarita Mahabarata. Bertempat di Queen's of India, Kuta, Bali, pementasan itu menampilkan semangat pertukaran kebudayaan.

"Bali dan India sangat kental kemiripannya. Makanya kami pilih Bali untuk menggelar pementasan pertama di Indonesia, karena pasti akan mudah mencerna cerita dan tari ini," kata Wakil Presiden Semeton India Bali (SIBA), Neeta Malhotra, Minggu, 3 Juli 2011.

Ia menegaskan, Bali dipilih sebagai lokasi pemanggungan karena India dan Bali memiliki beberapa kesamaan dalam aspek kebudayaan. "Bali dan India sangat dekat," ujarnya.

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States

Bahkan, menurut dia, penggalan kisah Mahabarata yang ditransformasi ke dalam tarian memiliki kemiripan dengan tari Kecak dari Bali. Para penari sendiri langsung didatangkan dari India untuk terlibat dalam pertunjukan itu.

Neeta mengaku tak memiliki target khusus dari pergelaran tari itu. Pun, ia menukas bahwa cerita dalam tari yang dipentaskan tak memiliki pesan istimewa. Meski demikian, ia berharap bahwa penikmat seni tari yang menyaksikannya dapat kembali mencintai Mahabarata.

"Hanya itu pesan yang ingin kami sampaikan. Jika Anda menonton film Mahabarata, satu bulan mungkin belum selesai. Tetapi dengan melihat tari ini, Anda hanya butuh beberapa menit untuk dapat mengerti cerita Mahabarata," ungkapnya. (art)

Laporan: Bobby Andalan | Bali

VIVA Otomotif: SPKLU di rest area untuk mobil listrik

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Anggota BPJT Unsur Masyarakat, Tulus Abadi menambahkan pihaknya juga sudah menyediakan SPKLU bagi pemudik, yang berkendara menggunakan mobil listrik di sejumlah rest area

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024