Gunung Soputan Meletus

Empat Pesawat Tertahan di Bandara Manado

Gunung Soputan
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Empat pesawat masih tertahan di Bandara Sam Ratulangi Manado, terkait dengan letusan Gunung Soputan, yang terjadi pada Minggu, 3 Juli 2011. Manajemen bandara terpaksa menutup bandara karena alasan keamanan dan keselamatan.

Pesawat yang tertahan dan terpaksa harus menunda keberangkatannya di Bandara Sam Ratulangi adalah pesawat Garuda 601, Lion Air 775, Sriwijaya 269, dan Lion Air 749 jurusan Surabaya. Sementara itu, Batavia 635 terpaksa dialihkan.

"Pesawat-pesawat itu masih harus menunda keberangkatannya dan sekarang masih berada di bandara," ujar Humas Angkasa Pura I, Merpin Butarbutar saat dihubungi oleh VIVAnews.com di Jakarta, Minggu 3 Juli 2011.

Meski status siaga masih ditetapkan, diharapkan pada pukul 07.00 WITA besok, landasan sudah dapat dibuka kembali seiring dengan aktivitas Gunung Soputan yang mulai menurun menjelang sore tadi.

"Diharapkan sudah dapat dibuka. Berdasarkan laporan Badan Vulkanologi, aktivitas letusan Gunung Soputan sudah menurun," ujar Merpin.

Dari catatan yang dimiliki Staf Khusus Presiden Bidang Sosial dan Bencana, Andi Arief disebutkan bahwa sejak dini hari tadi, terus terjadi erupsi dengan ketinggian asap mencapai 750 meter.

Terjadi juga awan panas dan pijar api setinggi 50 meter, yang disertai dengan gemuruh dan kilatan petir. Menjelang siang, sejumlah rentetan letusan masih terjadi. Abu letusan bahkan telah mencapai kawasan Manado, meski masih relatif tipis, dan awan cenderung condong ke utara.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Surono menjelaskan, meski kini letusan telah mereda, dan menurunnya energi tremor, tapi pemantuan masih terus dilakukan. Bahkan, hal yang sama juga dilakukan terhadap Gunung Lokon, Sulawesi Utara.

Letusan Gunung Soputan, Sulawesi Utara terjadi pukul 06.03 Waktu Indonesia Tengah (WITA) dengan letusan abu vulkanik setinggi 6 kilometer disertai awan panas ke arah barat. (art)

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng
Timnas Indonesia

Fenomenal, Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel

Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23. Itu setelah mengalahkan Korea Selatan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar Jumat dini har

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024