FOTO: Pelayat Padati Rumah Duka Zainuddin MZ

Suasana rumah duka KH Zainuddin MZ
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra

VIVAnews - Dai sejuta umat, KH Zainuddin MZ meninggal dunia, Selasa pagi, 5 Juli 2011. Zainduudin menghembuskan nafas terakhir akibat menderita sakit jantung dan diabetes, saat akan dibawa ke Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta.

Ribuan pelayat terus berdatangan ke rumah duka, di rumahnya, Gandaria, Jakarta Selatan. Para pelayat berdatangan sambil melantunkan tahlil, doa, dan takbir. Bahkan isak tangis terdengar di antara zikir dan doa di rumah duka.

Pelayat terlihat memadati rumah, hingga jalan raya di depan rumah duka. Tak hanya itu, massa pelayat juga berdesakan di masjid Fajrul Islam, tempat jenazah Zainuddin akan disholatkan dan disemayamkan.

Lihat foto-fotonya di tautan ini.

Di antara para pelayat, juga terlihat sejumlah tokoh, politisi, dan artis. Sosok Zainuddin yang merupakan dai terkenal ini memang memiliki kesan tertentu bagi sejumlah tokoh.

Zainuddin Muhammad Zein lahir di Jakarta tanggal 2 Maret 1951. Dia meraih gelar sarjana dari Universitas Syarif Hidayatullah, Jakarta. Dia juga mendapat gelar doktor honoris causa dariĀ  Universitas Kebangsaan Malaysia. Ceramah keagamaan Zainuddin selalu diminati banyak orang, karena gaya bicaranya yang ringan dan humoris.

Kiprahnya juga dikenal di bidang politik. Pada tahun 1977, suami dari Hj Kholilah ini memutuskan masuk partai berlambang Kabah, Partai Persatuan Pembangunan. Masuknya Zainuddin ke dunia politik ini tak terlepas dari peran guru ngajinya, KH Idham Calid, mantan Ketua Umum PB NU.

Saat itu, PPP memanfaatkan duet Zainuddin MZ dan H Rhoma Irama, sebagai vote-getter dalam setiap pemilu. Bahkan PPP meraih suara terbanyak di Jakarta pada Pemilu 1982.

Namun, keakraban Zainuddin dan PPP ini tak berlangsung lama. Pada 2002, Zainuddin MZ bersama dengan rekan-rekannya memutuskan keluar dari partai berlambang Ka'bah itu. Dia kemudian membentuk PPP Reformasi.

Kemudian pada 2003, PPP Reformasi berubah Partai Bintang Reformasi. Dan hingga 2006, Zainuddin terpilih menjadi Ketua Umum. (eh)

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?
Ketua MK Suhartoyo, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Pekan Depan, MK Batasi Jumlah Saksi di Sidang Sengketa Pilpres 2024

Mahkamah Konstitusi (MK) bakal melanjutkan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) atau sengketa Pilpres 2024 pada pekan depan. Rencananya, sidang dilanjutkan den

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024