Lokon Meletus 2 Kali, Asap Setinggi 600 Meter

Kawah Gunung Lokon, Tomohon, Sulawesi Utara, semburkan asap putih
Sumber :
  • Antara/ Basrul Haq

VIVAnews - Status Gunung Lokon yang terletak di Tomohon, Sulawesi Utara telah ditingkatkan dari level waspada (III) menjadi awas (IV). Masyarakat diminta waspada letusan Tomohon secara tiba-tiba. "Sejak pukul 22.00 WITA statusnya telah ditingkatkan ke level awas," kata Kepala Pusat Volkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono kepada VIVAnews.com, Senin 11 Juli 2011.

Menurut Surono, laporan terakhir aktivitas Gunung Lokon pada pagi ini telah meletus dua kali. Letusan pertama terjadi pada pukul 00.39 WITA dan kedua terjadi pada 00.50 WITA. "Ketiggian asap letusannya mencapai 600 meter," kata dia.

Surono menambahkan, masyarakat sekitar harus berhati-hati. Letusan Lokon bisa kembali terulang secara tiba-tiba. "Masih menyimpan energi yang bisa muncul secara tiba-tiba," kata dia.

Menurut Surono, ancaman yang harus diwaspadai terutama lontaran material pijar, pasir dan hujan abu tebal. "Awan panas juga bisa muncul sewaktu-waktu," kata dia.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV

Semua Berita Tentang Gunung Lokon

Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024