Lika-liku Pernikahan Ruhut Versi Anna

Ruhut Sitompul dan Diana Leovita
Sumber :
  • VIVAnews/Syahrul Ansyari

VIVAnews - Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Ruhut Sitompul, dilaporkan seorang wanita bernama Anna Rudhiantiana Legawati. Anna mengaku sebagai istri sah dari Ruhut, dan sudah 3,5 tahun tidak mendapatkan hak-haknya sebagai seorang istri. Padahal, dia juga memiliki seorang anak, Christian Husen Sitompul, yang kini berusia 20 tahun.

"Anak saya tidak diakui," kata Anna saat ditemui di Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin 11 Juli 2011.

Dari perkawinannya pada 1991, lanjut Anna, lahirlah seorang putra yang kini berusia sekitar 20 tahun. Menurut pengakuan Anna, dia dan Ruhut menikah resmi pada 1998 di Sidney, Australia. Lalu, pada 2008 Ruhut memutuskan menikah lagi dengan Diana Leovita dan dikaruniai dua orang anak.

Yang menjadi permasalahan, kata Anna, saat ingin menikah lagi itulah Ruhut diduga memalsukan dokumen. Ruhut mengaku sebagai jejaka dan belum pernah menikah.

"Tapi yang saya tahu biodata dia di DPR sudah diubah semuanya. Dia mengaku punya anak dua dari perempuan itu, padahal dari saya satu," ujar Anna. 

Dengan didampingi oleh pengacara kondang Hotman Paris Hutapea, Anna membawa sejumlah dokumen yang menunjukkan bukti-bukti pernikahannya dengan Ketua Departemen Informasi dan Komunikasi DPP Partai Demokrat itu.

Berikut adalah kronologi pernikahan Ruhut dan Anna, versi Anna dan tim pengacara:

Ini Salah Satu Wasiat Babe Cabita Terkait Kepergiannya

1. Pada 20 Januari 1991 dalam perkawinannya telah mempunyai 1 anak laki-laki bernama Christian yang saat ini berumur 20 tahun

2. Bulan Juni tahun 1998 Anna menikah dengan Ruhut Sitompul di Sidney, Australia.

Video Kecelakaan Motor Akibat Pengemudi Mobil Buka Pintu Sembarangan

3. Bulan Juni tahun 2001 disahkan secara adat Batak, Anna pada Pesta Adat itu mendapat Marga Tobing sehingga menjadi Anna Boru Tobing.

4. Pada 17 Juni 2007 Anna mengetahui pertama kali bahwa Ruhut Sitompul mempunyai wanita lain yang bernama Diana Leovita.

Realme 12 5G Bisa Jadi Opsi

5. Sejak 2 Januari 2008 Ruhut Sitompul tidak pulang sama sekali ke rumah dan telah mengabaikan Christian dan Anna sebagai istri pertama.

6. Akhir Mei 2008 Ruhut Sitompul menikah dengan Diana Leovita sampai dengan saat ini.


Profil Ruhut Sitompul sebagai anggota DPR RI.

Daerah Pemilihan : Sumatera Utara III
Tempat/Tanggal Lahir : Medan, 24 Maret 1954
Alamat Tempat Tinggal: Bangka XI-C/32 Jakarta Selatan
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Kristen Protestan
Status Perkawinan :
a. Kawin
b. Nama istri Diana Leovita,
c. Jumlah anak dua orang.
Pekerjaan Sekarang : Pengacara
Pendidikan terakhir : Universitas Padjajaran
Perolehan suara : 67,162

Saat dikonfirmasi, Ruhut Sitompul menilai tuduhan itu adalah bohong belaka. Ruhut menegaskan dirinya baru sekali menikah. "Itu lagu lama. Saya punya istri, saya baru sekali nikah," kata Ruhut usai menghadiri simposium internasional Mahkamah Konstitusi, di Istana Presiden, Jakarta, Senin, 11 Juli 2011. "Kalau aib seseorang, itu ngapain kita buka-buka. Bohong itu semua," tegas Ruhut. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya