Terjadi Tiga Letusan, Status Lokon Masih Awas

Gunung Lokon, Sulawesi Utara, meletus
Sumber :
  • Antara/ Basrul Haq

VIVAnews - Tiga letusan terjadi sepajang pagi ini di Gunung Lokon, Tomohon, Sulawesi Utara. Sehingga status awas masih diberlakuan karena aktivitas gunung ini masih tinggi.

Saat dihubungi VIVAnews.com, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono, tiga letusan setinggi 300 meter terjadi pada pukul 02.44 Wita, pada kawah Tompaluan. Letusan kembali terjadi pada pukul 06.16 dan pukul 07.04 Wita.

"Aktivitas masih tinggi dan belum diturunkan. Sekitar 3,5 kilometer dari puncak gunung masih steril," ujar Surono, Sabtu, 16 Juli 2011.

Sementara itu, berdasarkan data terakhir yang diterima dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, pada pukul 09.15 WIB, ada 4.692 jiwa yang mengungsi. Laki-laki 2.417 orang, dan perempuan 2.275 orang. Terdiri dari 1.352 Kepala Keluarga yang tersebar di 6 pos pengungsian

Tidak ada korban jiwa yang terdampak langsung akibat erupsi. Satu orang yang meninggal dunia pada 12 Juli pukul 23.15 Wita, disebabkan serangan jantung dan jatuh di kamar mandi. Sebagai catatan, karakter Lokon mirip dengan Gunung Merapi yang meletus hebat pada akhir 2010 lalu. Keduanya sama-sama menyemburkan awan panas mematikan yang dikenal dengan sebutan wedhus gembel. (umi)

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng
(Tengah) Anggota Komisi C DPRD DKI, Esti Arimi Putri

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta, Esti Arimi Putri menilai pentingnya upaya pemberdayaan daya beli terhadap semua golongan demi mengendalikan inflasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024