Jelang Imlek

Ratusan Patung Dewa Dimandikan

VIVAnews – Menjelang perayaan tahun baru Imlek 2560, sejumlah Klenteng di Denpasar disibukkan dengan pembersihan sejumlah patung. Salah satunya adalah Griya Kongco Dwipayana yang terletak di Jalan By Pass Ngurah Rai, Tanah Kilap, Denpasar Selatan.

Puluhan pengurus yang ada di klenteng tersebut melakukan pembersihan ratusan patung dewa termasuk tujuh patung Dewi Kwan Im, satu-satunya tempat persembahyangan di Indonesia yang kerap menjadi tujuan warga Tionghoa untuk bersembahyang.

Menurut pengurus klenteng, Ida Bagus Adnyana untuk menyambut tahun baru ini, semuanya harus diawali dengan hal baik dana bersih. "Ini pencerminan dari diri manusia supaya di tahun baru nanti akan lebih baik dari tahun sebelumnya," jelas Adnyana yang kerap disapa Atu Mangku ini.

Imlek inilah, semua patung dewa yang hanya menjadi pajangan selama satu tahun dibersihkan dengan air suci dan bunga yang ada di klenteng.

Polisi Sebut Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari Kerja Open BO

Tak hanya patung, semua perabot, termasuk dua patung besar yang melambangkan Pangeran Tio Kei dan Pangeran Lao Im yang berdiri gagah tepat di pintu masuk klenteng ,dengan memegang tombak juga diperbarui warnanya dan memperbaiki beberapa bagian yang telah rusak.

Puncak acara dilakukan Senin, 26 Januari 2009 mendatang dengan sembahyang bersama. Malam harinya disuguhkan pertunjukkan barongsai.

Laporan : Wima Saraswati | Bali

VIVA Militer: Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu

Meski Dilarang AS dan Barat, Israel 'Keukeuh' Akan Tetap Kembali Serang Iran

Komunitas internasional, khususnya Barat, juga telah berulang kali mengeluarkan pernyataan yang mendesak Israel agar menahan diri dan tidak menanggapi pembalasan Ira

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024