Jingle Sari Roti Nazaruddin

Roy: Ada Pihak Ketiga yang Bantu Nazaruddin

Bendahara Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Dalam pekan ini, buronan Muhammad Nazaruddin, tiga kali menelepon media dari tempat persembunyiannya. Nazaruddin bahkan diduga tengah berada di Indonesia lantaran dalam wawancara dengan Metro TV terdengar jingle Sari Roti.

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Demokrat, Roy Suryo, menduga sambungan telepon itu tidak langsung dari piranti telepon yang dipegang Nazaruddin ke telepon Metro TV. Menurut Roy, ada pihak ketiga yang membantu menyambungkannya.

"Yang saya lihat dia tidak menggunakan clear channel. Dia menggunakan calling card, VoIP, bisa beli kartunya di mana saja. Tergantung negara mana yang mengeluarkan, tergantung penyuara calling card-nya," kata Roy Suryo di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 21 Juli 2011.

Roy menjelaskan, dugaan itu mencuat saat jingle Sari Roti itu terdengar dalam proses wawancara. "Kemungkinan dia gunakan divert, dari sini yang menelpon. Call conference. Siapa tahu Sari Roti terdengar di situ," katanya.

Menurut Roy, meski Nazaruddin menelepon dengan menggunakan calling card, namun tetap bisa dilacak polisi. "Apakah calling card tidak bisa dilacak, tetap bisa. Karena ada preffix-nya," ujarnya.

Bahkan, menurut Roy, polisi sudah melacak saat Nazaruddin tiga kali menelepon media. "Polisi ketika di Hotel Nikko sudah melacak," ujarnya.

Roy tetap yakin kalau bekas bendahara Partai Demokrat itu tidak berada di Indonesia. Menurut Roy, Nazaruddin hanya dibantu oleh temannya untuk menghubungi media.

Nazaruddin juga dapat dilacak, kata Roy, melalui BlackBerry Messenger-nya. Karena pin BBM Nazar tidak pernah berubah sejak sebelum dia buron. "Pin 8 digit dia masih sama dengan yang dulu, namanya sama, statusnya juga sama. Sampai semalam, dia masih komunikasi dengan temannya, ketika di-ping, langsung dijawab. Ada apa bang," jelasnya.

Cara melacaknya, menurut Roy, dapat menggunakan metode melacak melalui orang-orang yang berkomunikasi dengan Nazaruddin. "Orang yang komunikasi dengan Nazar dicek, dicocokkan data di RIM, pakai WiFi bisa dilacak, alamat ketahuan. Saat ini kita juga sudah dalam tahap meng-copy data server RIM itu di Indonesia," jelasnya.

Terima Kunjungan LBBP Jepang, Menaker Berharap Kerja Sama Ketenagakerjaan Indonesia-Jepang Meningkat

Soal bunyi ringtone Sari Roti dalam wawancara live itu, Pemimpin Redaksi Metro TV Elman Saragih mengaku tidak tahu. "Kami tidak tahu soal sound Sari Roti itu. Kami tidak dengar waktu wawancara," kata Elman saat dihubungi VIVAnews.com, Kamis, 21 Juli 2011.

Elman menegaskan, selama ini yang proaktif melakukan wawancara langsung adalah Nazaruddin sendiri. Dialah yang aktif menghubungi Metro TV setiap kali siaran langsung saat wawancara lewat telepon.

Bintang Emon dan Istri, Alca Octaviani

Gak Nyangka, Istri Bintang Emon Dinyatakan Positif Narkoba

Kabar ini lantas membuat Bintang Emon keheranan karena sang istri belum lama ini mendapatkan rekomendasi obat dari seorang apoteker.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024