VIDEO: Sepak Bola Api Menyambut Ramadan

Sepak bola api
Sumber :
  • ANTARA/Hasan Sakri Ghozali

VIVAnews - Banyak tradisi yang dilakukan menjelang bulan suci Ramadan. Salah satunya adalah tradisi permainan sepak bola api, yang dilakukan warga di Kebon Kelapa, Naglikaler, Purwakarta, Jawa Barat.

Uniknya, sepak bola api menggunakan kelapa sebagai bola. Berawal dengan merendam kelapa dengan minyak, seorang tokoh agama kemudian membacakan doa.

Tradisi baca doa sebelum permainan dimulai dilakukan untuk meminta keselamatan. Sehingga, kaki pemain tak dijilat api dan juga desa dijauhkan dari marabahaya.

Walau terlihat berbahaya, para pemain sepak bola api ini terlihat antusias. Dengan semangat, mereka berusaha membobolkan gawang lawan, tanpa ada perasaan takut menderita luka bakar.

Suzuki Sediakan Aksesori Resmi Jimny 5 Pintu, Ini Daftar Lengkapnya

Penasaran dengan permainan sepak bola api? Lihat videonya di tautan ini.

Dalam tradisi Islam di Indonesia, sepak bola api dipercaya dilakukan untuk meneladani kisah Nabi Ibrahim. Saat itu, Nabi Ibrahim dibakar hidup-hidup atas perintah Raja Namrud, karena telah menghancurkan berhala. Namun, saat itu Nabi Ibrahim tidak terbakar. 

Alasan Negara Arab Lebih Pilih Dukung Israel daripada Iran, Khawatir Perang Makin Luas

Sejumlah pesantren pun biasanya memiliki ritual puasa, sebelum para pemain melakukan permainan ini. Biasanya, para santri menganggap permainan sepak bola api merupakan olah raga, secara fisik, juga spiritual.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Ogah Bawel soal Jatah Menteri PAN, Zulhas Pasrah ke Prabowo

Menurut Zulhas, jika ke depan banyak yang hebat maka dipersilakan untuk masuk dan dipilih jadi menteri di kabinet Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024