45 Kilometer Jalur Mudik Rusak di Bekasi

Jalan Rusak
Sumber :

VIVAnews - Perbaikan jalan rusak sepanjang 45 kilometer di jalur mudik Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, akan dikebut selama bulan Ramadhan. Pemerintah Kabupaten Bekasi sendiri menargetkan perbaikan, bisa selesai dua pekan sebelum Hari Raya Idul Fitri 1432 Hijriah.

“Pengerjaan proyek dilakukan serentak awal Agustus nanti. Perbaikan diperkirakan berlangsung dua pekan sehingga sudah bisa dilalui saat arus mudik berlangsung," ujar Wakil Bupati Bekasi Darip Mulyana, di Cikarang, Selasa, 26 Juli 2011.

Dana perbaikan jalan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk ruas jalan nasional dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk ruas jalan provinsi dan jalan kota yang rusak. "Pelaksana teknis pemerintah daerah, tetapi saya tidak tahu persis nominal anggarannya," katanya.

Ruas jalan rusak terdapat di 16 titik jalan nasional dan jalan provinsi. Di antaranya Jalan Diponegoro, dari wilayah perbatasan Kota
Bekasi sampai Kecamatan Tambun Kabupaten Bekasi. Jalan Hasanudin, dari Pasar Tambun sampai pertigaan Cibitung.

Kemudian Jalan Tengku Umar, dari pertigaan Cibitung sampai Terminal Induk Cikarang. Jalan Inspeksi Kali Malang, dari Tambun sampai pintu tol Cibitung, dan dari Cibitung sampai ke kawasan industri Jabebaka, Cikarang.

Sebagian ruas jalan rusak, menurut Darip, sedang dalam perbaikan, seperti Jalan Tengku Umar. Sementara, Jalan Raya Inspeksi Kali Malang sudah tender dan menunggu kelengkapan administrasi.

Selain ruas jalan, Pemerintah Kabupaten Bekasi juga terus melakukan perbaikan rambu-rambu lalu lintas, seperti papan penunjuk arah dan juga lampu lalu lintas. “Perbaikan untuk kenyamanan pemudik selama melintas di Kabupaten Bekasi, terutama kendaraan roda dua,” katanya.

Sementara itu, di Kota Bekasi, perbaikan jalan belum bisa dilaksanakan karena Pemerintah Kota Bekasi belum menyelesaikan Rencana Kerja Anggaran (RKA).

Jalur mudik di Kota Bekasi yang rusak parah di antaranya Jalan Wibawamukti, Jatiasih, dan Komsen. Ruas tersebut merupakan akses pemudik dari wilayah Jakarta dan Bogor yang masuk melalui jalur alternatif Cibubur menuju Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, ke Karawang, sampai jalur Pantura.

Di wilayah utara, kerusakan terjadi di Jalan Raya Bintara yang menjadi akses alternatif bagi pemudik dari Cakung, Jakarta Timur. Sedangkan akses utama dari Pondok Gede masih terjadi kerusakan di ruas Jalan Jatikramat.

Kepala Dinas Binamarga dan Tata Air Kota Bekasi, Momon Sulaeman, mengakui banyaknya ruas jalan di Kota Bekasi yang rusak. Dia berjanji segera berkoordinasi dengan PLT Wali Kota Bekasi, agar perbaikan jalan rusak tersebut segera dilaksanakan sekalipun rencana kerja belum selesai.

"Sampai saat ini, kami juga belum menerima masukan dari Dinas Perhubungan terkait jalan mana saja yang rusak," katanya.

Laporan Erik Hamzah | Bekasi

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK
Anies Baswedan dan Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu.

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?

Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah mendatangi markas PKB pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024