Ribuan Orang Mulai Padati Parangtritis

Pantai Parangtritis/KDW
Sumber :

VIVAnews - Ribuan masyarakat mulai memadati Pantai Selatan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk melaksanakan tradisi padusan, satu hari sebelum memasuki bulan Ramadan, Senin 1 Agustus 2011 besok.

Masyarakat mulai berdatangan sejak pukul 11.00 WIB, dan memadati Pantai Kuwaru Baru. Mereka datang tidak hanya dari wilayah Yogyakarta yang datang untuk melakukan tradisi padusan ini.

Sejumlah warga bahkan datang dari Kabupaten Purworejo, Kabupaten Magelang, Kabupaten Klaten, Surakarta. Mereka datang secara rombongan dengan mobil pribadi atau menggunakan bus.

"Kendaraan roda empat ke atas rata-rata berasal dari luar DIY. Hal ini dapat dilihat dari nomor kendaraan yang berasal dari luar DIY. Sedangkan sepeda motor kebanyakan dari wilayah DIY," kata Gambos, salah seorang warga Pantai Kuwaru Baru, Kabupaten Bantul, DIY, Minggu, 31 Juli 2011

Jumlah pengunjung yang terus bertambah sudah membuat sejumlah lahan parkir di kawasan itu penuh. Dari pantauan, tempat parkir untuk kendaraan roda dua bahkan sudah penuh.

"Kalau untuk parkir mobil atau bus masih tersedia, sedangkan untuk kendaraan roda dua sudah penuh. Biasanya masyarakat yang melakukan tradisi padusan akan pulang sekitar pukul 18.00 WIB," katanya lagi.

Parman, anggota SAR Pantai Kuwaru mengatakan, ada 11 personel yang disiagakan dan dibantu 20 anggota Polairud Polda DIY untuk pengamanan.

Sejumlah tanda bahaya telah dipasang di lokasi pantai yang lebih dalam. Petugas SAR dan Polairud juga akan ditempatkan pada daerah yang berbahaya, dan patroli akan dilakukan di sepanjang Pantai Kuwaru hingga Pantai Pandansimo Baru.

"Terkadang masyarakat yang ingin mandi dilaut mencari lokasi yang agak sepi sehingga jaraknya dengan pantai Kuwariu cukup jauh. Jika tidak dilakukan patroli maka kecelakaan laut dapat terjadi karena masyarakat yang mandi di laut tidak mengetahui daerah yang berbahaya," tandasnya

Agus Sulistiana petugas Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Parangtritis menyatakan hingga pukul 13.00 WIB, jumlah pengunjung di Pantai itu sudah mencapai 6.000 orang lebih.

Menurut Agus, menjelang sere nanti diperkirakan pengunjung akan mengalami lonjakan. Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya saat tradisi padusan, menjelang sore pantai akan lebih dipadati masyarakat. "Sejauh ini arus kendaraan masih lancar. TPR yang dibuka cuma TPR induk dan TPR Pantai Depok," paparnya

Han So Hee vs Hyeri: Drama Cinta Segitiga Ryu Jun Yeol Kembali memanas!

Laporan: Juna Sanbawa | Jogja

Bea Cukai gagalkan peredaran kokain cair

Joint Operation Bea Cukai dan Polri Gagalkan Peredaran Kokain Cair dan Serbuk MDMA

Joint operation Bea Cukai dan Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya ungkap dua kasus tindak pidana narkotika jaringan internasional.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024