Unik, Al Quran Kuno dengan Terjemahan Belanda

Al Quran dengan terjemahan Bahasa Belanda 2
Sumber :
  • Fajar Sodiq| Solo

VIVAnews -  Museum Radya Pustaka yang menyimpan benda peninggalan raja-raja Surakarta punya koleksi unik: Al Quran yang diterjemahkan dalam bahasa Belanda.

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan

Al Quran berbahasa Belanda ini dibuat tahun 1934 dengan tulisan De Heilige Qoer-an. Koleksi ini  ada satu di museum Radya Pustaka dengan kode koleksi 666. Kondisi dari buku ini layaknya buku kuno yang sudah tersimpan lama. Warna kertas berwarna kuning kecokelatan dan ada beberapa halaman yang sudah terlepas.  

Ketua Komite Museum Radya Pustaka, Sandjata mengakui tak bisa menjelaskan secara gamblang mengapa dan kapan koleksi tersebut ada di museum tersebut.

Membintangi Drakor Populer The Matchmakers, Inilah Profil dan Fakta Tentang Jung Shin Hye!

Pasalnya, Al Quran tersebut secara tidak sengaja ditemukan oleh staf museum dan praktek kerja lapangan (PKL) dari Universitas Sebelas Maret (UNS) pada tahun 2009. Awalnya, kitab suci tersebut hanya tersimpan di gudang.

“Saya tak tahu kapan dan mengapa ada di museum. Apa karena pada tahun tersebut terkait dengan penjajahan Belanda, toh dulu bangunan museum ini juga bangunan Belanda, “ ucap dia kepada VIVAnews.com, 4 Agustus 2011.

Meski demikian, Sandjata hanya bisa menjelaskan bahwa Al Quran terjemahan tersebut dibuat tahun 1934. “Nah ini di bawah tertulis tahun 1934. Jadi kemungkinan itu tahun pembuatannya. Saya tidak bisa menjelaskan lebih lanjut karena saya tidak bisa Bahasa Belanda, “ tambah dia.

Ditilik lebih dalam, Al Quran terjemahan ini memiliki ketebalan kurang lebih 10 centimeter. Dilihat dari halaman per halaman terbagi dalam dua bagian. Satu sisi kiri dengan tulisan Arab dan samping kanannya menunjukkan terjemahan dalam bahasa Belanda. Al Quran ini lengkap berisi 30 juz.

Laporan: Fajar Sodiq | Solo

[dok. KoinWorks]

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

KoinWorks, menjalin kemitraan strategis dengan PT Indonesia Distribution Hub alias IDH.ID, guna memberikan kemudahan pembayaran melalui layanan Pay Later

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024