Tradisi Gulai Kambing di Masjid Gedhe

Masjid Gede Kauman, DIY
Sumber :
  • VIVAnews/Erick Tanjung

VIVAnews - Bagi mereka penggemar gulai kambing, dan ingin menyantapnya dengan gratis setiap hari, silakan datang ke Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta. Di tempat ini, menu buka puasa bersama dengan santap gulai kambing akan disajikan setiap hari.

"Kami menyediakan menu buka puasa sebanyak 700 gulai kambing yang dibagiakan buat takjil," kata HM Julianto Supardi, Pengurus Takmir Masjid Gedhe Kauman, dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Kamis 4 Agustus 2011, di komplek Kraton Yogyakarta.

Sebanyak 700 porsi gulai kambing disiapkan untuk warga yang berada di sekitar Masjid Komplek Kraton ini. Tetapi, meski sudah menyebar 700 porsi gulai kambing, tetap saja masih kurang. "Tapi itu biasanya selalu kurang, kekurangan itu kami sediakan roti," kata Julianto.

Takjil dengan gulai Kambing ini sudah menjadi tradisi di setiap hari Kamis. Dan tradisi itu sudah berlangsung lama sejak berdirinya kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat.

"Menu untuk hari Senin gule ayam, Selasa bumbu rujak, Rabu sop dan ayam goreng, Kamis gulai kambing, Jumat nasi box, Sabtu brongkos, Minggu asem-asem dan ayam goreng," kata dia.

Menurut Julianto, awalnya pihak Masjid menyembelih kambingnya sendiri untuk dimasak. Namun sekarang sudah tidak nyembelih sendiri lagi, karena sekarang sudah menggunakan jasa katering.

"Menu buka puasa gulai Kambing itu adalah sumbangan dari orang. Yang biasanya jauh sebelum ramadan dimulai, banyak warga yang mau bersedekah untuk beri gulai kambing," kata Julianto.  (Laporan: Erick Tanjung, DIY)

Ketua DPRD Jambi Hadiri Akad Nikah Pernikahan Putri Sulung Gubernur Al Haris
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto

Polisi Periksa 21 Saksi Terkait Kasus TPPU yang Jerat Ahli Nuklir UGM

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Jawa Timur tengah menyidik dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang menyeret ahli nuklir dari UGM.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024