Gempa Bengkulu Pengaruhi Gunung Kerinci

Gunung Kerinci di perbatasan Jambi-Sumatera Barat
Sumber :
  • Antara/ Hendri

VIVAnews - Gempa berkekuatan sedang kembali mengguncang Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu pagi, 6 Agustus 2011. Di Padang, gempa terasa cukup kuat mengayun gedung berlantai dua.

Di gedung baru Universitas Tamansiswa, Alai, Padang, mahasiswa nonreguler yang sedang menjalani ujian semester berhamburan keluar ruangan di gedung lantai dua. Trauma gempa membuat sejumlah mahasiswa ini bertindak spontan keluar ruangan.

Menurut data yang dilansir situs Badan Meteorologi Klimatogi Geofisika (BMKG) pusat gempa berada 44 kilometer BaratDaya Muko-Muko, Bengkulu atau 2.95 Lintang Selatan- 100.96 Bujur Timur.

Kekuatan gempa di pusatnya tercatat 5,6 Skala Richter di kedalaman 10 km. Gempa terjadi sekitar pukul 09.45 WIB. Menurut Manajer Pusat Pengendali Operasi Penananggulangan Bencana Sumbar Ade Edward, lokasi gempa tak jauh dari gempa sebelumnya dua hari lalu.

Kondisi ini dikhawatirkan akan mempengaruhi aktivitas kegunungapian di sekitar lokasi terdekat dengan pusat gempa. "Ini bukan gempa yang berada di jalur mega thrust (Siberut Mentawai), ini lebih ke gempa darat dan bisa berdampak pada aktivitas Gunung Kerinci," kata Ade Edward kepada VIVAnews.com.

Gunung tertinggi di Sumatera ini saat ini masih berstatus waspada. Menurut Ade, guncangan gempa bisa membuat magma meleleh sehingga mampu meningkatkan aktivitas gunung itu. Gunung Kerinci terbilang dekat dengan pusat gempa yang terjadi hari ini.

"Ini akan lebih berbahaya jika gempa ini mengakibatkan keretakan dinding gunung," kata dia. Gunung setinggi 3.805 meter di atas permukaan laut ini sempat mengalami peningkatan aktivitas beberapa sejak tahun lalu. (Laporan: Eri Naldi, Padang) (adi)

Kembali Beroperasi, Pabrik Roti di Gaza Diserbu Ratusan Warga Palestina hingga Antre Berjam-jam
Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Usai Hancurkan Australia di Piala Asia U-23

Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Australia dengan skor 1-0 dalam Piala Asia U-23 Grup A di Stadion Abdullah Bin Nasser pada Kamis malam kemarin, 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024