Omzet Mobil Bekas di Yogya Rp50 Miliar

Pasar mobil bekas di halaman TVRI Yogyakarta
Sumber :
  • Erick Tanjung| DIY

VIVAnews - Jelang datangnya hari raya Idul Fitri, penjualan mobil bekas di pelataran stasiun TVRI Jl. Magelang KM.5, Sleman, Yogyakarta - yang buka tiap hari Minggu - meningkat drastis.

Berjejer mobil-mobil bekas dipajang di dalam dan di luar komplek kantor TVRI , mulai dari MPV mobil keluarga hingga Jeep berbagai merek. Harga pun bervariasi.

"Semua jenis mobil sekarang laris terjual, karena waktu jelang lebaran ini orang butuh mobil buat mudik," kata Harwoto, ketua pengelola pasar penjual mobil dan divisi pengembangan usaha TVRI Yogyakarta, kepada VIVAnews.com di lokasi, Minggu 7 Agustus 2011.

"Dalam komplek TVRI terdapat 1500 unit mobil, dikelola oleh TVRI, diluar (komplek) 400 unit, pengelolaan retribusinya masuk ke Pemda."

Jika hari biasa mobil yang banyak laku terjual adalah mobil niaga seperti pick-up. Namun, di bulan Ramadan dan mendekati lebaran penjualan mobil yang paling tinggi adalah mobil keluarga  dan Jeep. "Hari-hari biasa jumlah mobil yang laku terjual 100 hingga 120 unit, tapi sekarang mencapai 200 unit," jelasnya.

Makin banyak mobil dijual, meningkat pula jumlah omzet yang diraup para pedagang. "Kalau hari-hari biasa penjualan mobil hanya sekitar Rp10 miliar, tapi kalau sekarang jelang Lebaran biasanya mencapai Rp50 miliar," kata Harwoto.

Ia menuturkan, mobil-mobil bekas tersebut yang laris terjual rata-rata mobil seharga di atas 100 Juta rupiah. "Rata-rata mobil terjual 200 unit perminggu (setiap hari minggu bulan Ramadan) atau 20%, dibandingkan hari biasa yang hanya 10% mobil yang terjual sekitar 100-120 unit," ujar Harwoto.

Sementara itu, penjual datang memajang mobilnya setiap hari minggu di dalam dan di luar Komplek TVRI Yogyakarta. Para penjual datang dari berbagai daerah se-Jawa, dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. "Kebanyakan penjual datang dari Solo, mereka ditarik biaya Retribusi Rp15 ribu, kalau yang masuk hari Sabtu jadi Rp25 ribu, biasanya yang dari luar kota," imbuh Harwoto.

Dia mengakui, harga mobil-mobil bekas tersebut jelang lebaran tahun ini naik 5-10% dibandingkan hari biasa. "Itu sudah menjadi hukum bisnis," kata Harwoto. (ren)

Laporan: Erick Tanjung| DIY

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi
Ramen.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?

Ramen is a type of noodle soup dish that is made with wheat noodles, broth, and toppings. Instant ramen may include a flash-fried or air-dried block of noodles, a flavour

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024