Apel Operasi Ketupat

Kapolri: Lebaran, Kriminalitas Akan Meningkat

Kapolda Metro Jaya Timur Pradopo
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra

VIVAnews - Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Timur Pradopo memimpin apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat 2011 di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat.

Sekitar 3.000 personel gabungan dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pemadam Kebakaran disertakan dalam apel tersebut. Dalam sambutannya, Kapolri mengatakan, jumlah pemudik dari tahun ke tahun selalu meningkat, untuk itu pihaknya dengan instansi terkait akan mengamankan jalannya mudik tersebut.

"Jumlah pemudik tahun ke tahun selalu bertambah, pada tahun ini 15,5 juta jiwa sedangkan kendaran roda dua dan empat mencapai 4,5 juta unit, meningkat 12 persen dari tahun sebelumnya," ujar Jenderal Timur Pradopo, Senin 22 Agustus 2011.

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Peningkatan volume kendaran ini  tidak seimbang dengan jalan. Tidak hanya itu  banyakya pasar tumpah, dan kurang disiplin sikap pengguna jalan diduga bakal memicu kemacetan lalu lintas.

Selain itu, tingkat kriminalitas dinilainya juga akan mengalami peningkatan, baik kualitas maupun kuantitas sehingga perlu diperhatikan kejahatan konvesional seperti pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan senjata api, penganiayaan, pengeroyokan, dan berbagai aksi anarkisme dan terorisme dalam kurun waktu 2011 kerap merwarnai.

"Jadi ancaman atensi khusus di dalam menghadapi mementum hari raya, kinerja jajaran polri harus dioptimalkan, dengan cara bertindak efektif dalam mengantisipasi kerawanan yang terjadi," kata Timur.

Dalam menjaga keamanan selama bermudik, Timur membagi pengamanan dalam karakteristik dan intensitas ke 10 pengamanan prioritas, di antaranya Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Timur, Polda Jawa Tengah, Polda Bali, Polda Sumatera Selatan, Polda Sulawesi Selatan, Polda Lampung dan Banten.

Sedangkan untuk pengamanan prioritas ke ua di antaranya Polda Sumatera Utara, Polda Papua, Polda Kalimantan Timur, Polda Aceh, Polda Maluku, Polda Riau, Polda Kepulauan Seribu, Polda Jambi, Polda Bangka Belitung, Polda Kalimantan Tengah, Polda Kalimantan Barat, Polda Kalimantan Selatan, Polda Sumatera Utara, Polda Gorontalo, Polda NTB, Polda NTT dan Polda Maluku Utara.

"Targetnya terwujud rasa aman dalam beribadah, mudik, berwisata keseluruhan, sehingga terwidnya keselamaan lalu lintas, baik moda laut, darat dan udara baik mudik maupun arus balik, serta terjamin distribusi bahan pokok dan bahan bakar. Embarkasi dan debarkasi menjamin keselamatan penumpang. Serta mengantisipasi karena  aksi terorisme mengingat tersangka terorisme yang masih dan DPO," terangnya. (umi)

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States
Live World Boxing di tvOne, Minggu, 31 Maret 2024, Jam 09.00 WIB

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

tvOne akan kembali menayangkan Live Wolrd Boxing akhir pekan ini hari Minggu, 31 Maret 2024 pukul 09.00 WIB LIVE dari T-Mobile Arena Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024