Wakil Bupati Garut Dicky Candra Dilantik

VIVAnews - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melantik Aceng Holik M. Fikri dan Dicky Candra, selaku Bupati dan Wakil Bupati Garut Masa Jabatan 2009-2014, Jumat 23 Januri 2009, di Gedung DPRD Kabupaten Garut.

Ahmad Heryawan mengatakan, dengan kondisi faktual Kabupaten Garut, menjadi harapan Kabupaten Garut di bawah kepemimpinan baru mampu mempertahankan serta meningkatkan kualitas pembangunan Kabupaten Garut menjadi lebih baik. 

"Berbagai prestasi dan capaian positif pembangunan yang telah dijalankan di periode lalu, tentunya dapat dilanjutkan secara lebih berkesinambungan, melalui program-program optimal," kata Heryawan melalui keterangan pers yang diterima VIVAnews, Jumat 23 Januari 2009.
 
Kabupaten Garut, menurut Heryawan sudah cukup terkenal dengan 'trademark' Dodol Garut. Sebagai penghasil Dodol berkualitas, dengan ciri khas mampu menjangkau daya serap pasar yang cukup luas, tidak hanya pasar domestik, melainkan juga pasar mancanegara.
 
Sementara, di sektor peternakan, Kabupaten Garut juga mampu membudidayakan varietas Domba unggulan, dengan ciri khas fisik yang besar dan kuat. Pada sektor komoditas olahan, Kabupaten Garut telah mampu mengembangkan Jaket Kulit Garutan, Kulit Tersamak Garut, Minyak Akarwangi, dan Batik Tulis Garutan meskipun mengalami penurunan.
 
 Sementara itu, Indikator Makro Pembangunan, Kabupaten Garut menunjukkan progress yang menggembirakan. Jika IPM Kabupaten Garut pada tahun 2004 (data BPS Kabupaten Garut, April 2005) masih berada pada angka 66,31, atau termasuk kelompok wilayah dengan tingkat kesejahteraan ‘sedang atas’. 

Berdasarkan Data BPS tahun 2007, selama kurun waktu tiga tahun IPM Kabupaten Garut telah mencapai angka 69,99, dengan perolehan angka tertinggi ada pada indeks pendidikan sebesar 81,70, disusul oleh indeks kesehatan sebesar 65,70 dan indeks daya beli sebesar 62,56.
 
Selanjutnya, Heryawan mengingat  adanya gejala alam yang belakangan ini  terjadi di beberapa wilayah di Jawa Barat, terutama banjir dan longsor. Untuk itu dirinya mengajak segenap jajaran pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Garut untuk lebih meningkatkan kewaspadaan di lingkungannya masing-masing.

"Khususnya masyarakat yang berada di Wilayah Garut Utara dan Selatan, mengingat kedua wilayah ini merupakan wilayah yang memiliki potensi bencana alam pada skala yang lebih tinggi dari wilayah-wilayah Kabupaten Garut lainnya, baik dilihat dari segi topografi maupun geomorfologi wilayahnya," ujar Heryawan.

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya
Ilustrasi kiamat.

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

 Kiamat merupakan peristiwa hancurnya kehidupan alam semesta. Kiamat adalah sesuatu yang diyakini dan disepakati oleh ilmu pengetahuan maupun agama. Tak ada satupun tahu

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024