Ical: Bahan Pokok Naik, Petani Harus Untung

Aburizal Bakrie Bantu Bromo
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie mendatangi pasar Mandalika, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Sabtu 27 Agustus 2011. Kunjungan Ical -sapaan Aburizal- merupakan bagian dari Safari Ramadan Golkar.

Kedatangan rombongan Ical secara spontan itu mengejutkan pengunjung pasar. Pasalnya, Ical tak dijadwalkan mampir ke pasar tradisional ini.

Melihat kehadiran Ical itu, sontak sejumlah pedagang dan pembeli meneriakkan yel-yel untuk menyambut kedatangannya. "Hidup Golkar, hidup Golkar, hidup Pak Aburizal Bakrie," teriak pedagang dan pengunjung pasar Mandalika.

Di pasar ini, Ical menyempatkan diri membeli sejumlah bahan pokok dan sayuran. "Berapa harga terong ini, saya beli 4 kilogram," kata Ical kepada Sutarmi yang menjual sayuran.

Selain terong, Ical juga membeli lima bungkus kacang kedelai, lima bungkus kerupuk kulit, sate daging, lima kilogram daging sapi, cabai, telur pindang, dan pare. Selain sayuran, Ical juga membeli buah-buahan seperti rambutan dan kelengkeng.

Dalam kesempatan ini, Ical menyinggung kenaikan harga bahan pokok menjelang lebaran. Menurut dia, kenaikan bahan pokok itu menjadi keluhan utama masyarakat. "Banyak barang yang diperlukan masyarakat seperti beras, minyak goreng, dan daging, yang harganya naik. Itu yang banyak dikeluhkan masyarakat jelang lebaran," kata dia.

Kenaikan harga bahan pokok jelang lebaran, kata dia, wajar. Namun, lanjut dia, kenaikan harga ini harusnya tak hanya menguntungkan para pedagang. Menurut dia, para petani juga harus mendapat keuntungan dari kenaikan bahan pokok yang mereka hasilkan. "Kenaikan harga ini harus menguntungkan buat petani dan pedagang," kata dia.

Usai menunjungi pasar Mandalika, rombongan Ical langsung bergerak menuju kelompok petani tembakau di Kecamatan Gerung, Lombok Barat. Selanjutnya rombongan akan menuju Pondok Pesantren Darul Falah pimpinan Tuan Guru Mustiadi Abhar. Usai berceramah dan berbuka puasa, Rombongan Ical akan bertolak ke Jakarta melalui Bandara Selaparang Mataram. (ren)

Laporan: l Edy Gustan l Mataram

Persib Bandung Bagi-bagi Takjil Gratis, Maskot Ikut Turun ke Jalan
Gerhana Matahari.

Gerhana Matahari Bisa 'Mengocok' Emosi Manusia sampai Mewek

Menurut NASA, jangan heran jika Anda atau seseorang di sekitar akan menangis ketika menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024