KPK Geledah Ruang Staf Ahli Muhaimin

Penggeledahan KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Salah satu yang diperiksa adalah ruang staf khusus Muhaimin Iskandar.

Pantauan VIVAnews.com, penggeledahan dilakukan di Kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi di Jalan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis 8 September 2011.

Dalam pemeriksaan KPK menerjunkan lebih dari 10 orang untuk memeriksa ruangan milik Nyoman dan Dadong di gedung Direktorat Jenderal Pembinaan Penyiapan Permukiman dan Penempatan Transmigrasi. "KPK-nya lebih dari 10 orang, datang sekitar jam 10," kata Jumanto salah satu petugas keamanan gedung.

Menurut Jumanto, KPK juga melakukan pemeriksaan di ruang utama para staf ahli Muhaimin. Ruangan staf ahli berada di dalam satu gedung tempat Muhaimin. Ruang staf ahli ini hanya ada satu ruangan.

Di gedung DPR, Muhaimin Iskandar membantah dua nama yang disebut sebagai staf ahli Menakertrans. Dua nama itu yakni, Ali Mudhori dan Fauzi. "Ali Mudhori bukan staf khusus saya. Ali Mudhori mantan anggota DPR saja. Itu yang saya tahu," kata Muhaimin Iskandar di gedung DPR RI, Jakarta, Kamis 8 September 2011.

Muhaimin bahkan menegaskan Fauzi bukanlah Kepala Rumah Tangga di kementeriannya. "Bukan. Bukan kepala rumah tangga saya. Fauzi Itu staf sekretariat saja di DPP (PKB)," kata Muhaimin.

Selain ruangan staf ahli, KPK juga memeriksa salah satu ruangan di Direktorat Jendral Pembinaan Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi. "Tadi ada sekitar 3 orang yang masuk ke dalam. Tapi tidak tahu ruangan mana yang diperiksa," kata salah satu petugas keamanan gedung yang enggan memberitahukan namanya.

Ruangan yang juga diperiksa adalah ruang Sekertaris Direktur Jenderal Pembinaan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (P2KT) Kemenakertrans, I Nyoman Suisnaya dan Kepala Bagian Program Evaluasi dan Pelaporan Direktorat Jenderal P2KT Kemenakertrans, Dadong Irbarelawan.

Berdasarkan pantauan VIVAnews.com KPK datang dengan menggunakan dua mobil, salah satunya adalah mobil Toyota Avanza berwarna biru dengan nomor polisi B 1815 IN. Selain itu ada juga empat orang anggota Brimob yang berjaga-jaga di setiap gedung.

KPK telah menangkap ketiga tersangka yaitu Sesditjen Pembinaan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (P2KT) Kemenakertrans, I Nyoman Suisnaya dan Kabag Program, Evaluasi dan Pelaporan Ditjen P2KT Kemenakertrans, Dadong Irbarelawan serta Dharnawati seorang pengusaha dari PT Alam Jaya Papua, pada 25 Agustus lalu. Pada penangkapan tersebut, KPK juga menyita satu kardus duren berisi uang sekitar Rp1,5 miliar.

Hasil penyidikan sementara KPK menyebutkan, uang yang diberikan kepada pejabat Kemenakertrans sebagai pelicin untuk mempercepat pencairan dana PPIDT senilai Rp500 miliar yang dialokasikan dari APBN-P Kemenakertrans tahun 2011. Dana tersebut akan digunakan untuk proyek pembangunan di 19 kabupaten termasuk Kabupaten Manokwari di Papua Barat.

Lalu Lintas Bundaran HI Padat di Malam Takbiran, Banyak Pemotor Tak Pakai Helm
Ilustrasi warga Muslim Amerika sholat di depan Gedung Putih

Umat Islam di Amerika Serikat Bakal Rayakan Idul Fitri Rabu 10 April 2024

Umat Islam di Amerika Serikat (AS) juga telah menetapkan Hari raya Idul Fitri tanggal 1 syawal 1445 H jatuh pada hari rabu besok 10 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024