Izin Operasi Bus Sumber Kencono Akan Dicabut

Bus Sumber Kencono
Sumber :
  • Tudji Martudji| Surabaya

VIVAnews - Gubernur Jawa Timur Soekarwo mendesak Kementerian Perhubungan menutup operasional Perusahaan Otobus (PO) Sumber Kencono dan mencabut trayeknya.

"Saya sudah kirimkan surat ke Menteri Perhubungan dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Isinya, jangan hanya berdasarkan undang-undang, tapi PO ini sudah meresahkan dan harus ditutup," kata Soekarwo, usai sidang paripurna DPRD Jawa Timur di Gedung DPRD Jawa Timur di Surabaya, Selasa 13 September 2011.

Menurutnya, karena mayoritas kecelakaan bus di Jatim dialami Bus Sumber Kencono. Terakhir, kecelakaan di Madiun pada Mei 2011 lalu. Sebanyak 10 penumpang meninggal dunia. Disusul di Mojokerto, Senin kemarin yang menewaskan 21 orang.

Soekarwo juga meminta, agar pusat memberikan peraturan jelas dan melarang sistem setoran bagi seluruh PO. Sebab, sistem setoran dinilai sebagai biang kecelakaan. Sopir jadi berlomba kejar setoran dengan cara kebut-kebutan di jalan raya.

Tak hanya itu, Soekarwo juga minta Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menutup perusahaan yang beralamatkan di wilayahnya, di jalan Raya Surabaya-Krian KM 25 Sidoarjo tersebut. "Izin usaha di kabupaten dan ini juga harus dievaluasi karena trayek maupun izin usaha sebenarnya berhubungan," tambahnya.

Jika seluruh trayek maupun izin usaha ditutup, Soekarwo mengusulkan asosiasi bus Organisasi Angkutan Darat bisa menampung dan menyalurkan seluruh karyawan PO Sumber Kencono.

Sementara, Elly, salah satu pemilik Bus Sumber Kencono berharap, pemerintah tidak gegabah menutup operasional bus yang memiliki 230 armada rute Surabaya-Jogjakarta itu. "Kami punya banyak karyawan, ada seribu lebih. Toh kecelakaan kemarin yang salah bukan kami," kata Elly.

Namun, pihaknya menyadari jika Bus Sumber Kencono yang paling sering terlibat kacelakaan. Hal itu,  karena armada bus ini paling besar melayani rute Surabaya-Jogjakarta.

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

"Jumlahnya 70 persen dari seluruh armada. Bisa dicek, dari seluruh PO, bus-bus kami adalah yang paling baru. Paling lama, kami punya bus buatan 2007 dan mayoritas bus kami buatan tahun 2009 dan 2010," urainya.

Jika terus ada desakan penghapusan sistem setoran, pihaknya mengaku sanggup melakukan. Tetapi, juga harus diterapkan kepada seluruh PO bus yang beroperasi.

Seperti diketahui, saat kecelakaan antara Bus Sumber Kencono dan minibus Elf di By Pass Mojokerto, Jawa Timur Senin dini hari lalu, menewaskan 20 orang, serta empat orang luka berat dan delapan orang terluka ringan itu, membuat Soekarwo berang. (Laporan: Tudji Martudji | Surabaya, umi)

Presiden Joko Widodo.

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat yang hendak mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 harus lebih awal, karena jumlah pemudik tahun ini men

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024