Freeport: Mogok Kerja Karyawan Tidak Sah

Demo Freeport
Sumber :
  • Banjir Ambarita

VIVAnews - Manajemen PT Freeport Indonesia sangat kecewa dengan aksi mogok kerja ribuan karyawan yang mulai berlangsung hari ini, Kamis 15 September, menuntut peningkatan upah kerja. Perusahaan menganggap mogok kerja itu tidak sah, karena mereka selalu membuka ruang perundingan.

"Manajemen PT FI kecewa dengan Pengurus Unit Kerja Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi dan pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia atau PUK-FSP KEP SPSI, karena memutuskan menggelar aksi pemogokan yang tidak sah.

Kemenparekraf Fasilitasi 24 Jenama Kreatif di Italia

Sebab, ketika perundingan dimulai 20 Juli lalu, manajemen selalu berupaya melakukan perundingan dengan itikad baik, demi tercapainya suatu kesepakatan yang adil dan wajar, sesuai perjanjian kerja sama untuk periode 2011-2013," ujar Ramdani Sirait, Juru Bicara Freeport melalui pesan elektroniknya.

Ramdani melanjutkan, manajemen sudah mengutarakan keinginan agar perundingan dapat dilanjutkan dan diselesaikan tepat waktu. "Sesuai keputusan Menakertrans nomor 48/MEN/IV/2004, jika perundingan tidak selesai dalam waktu yang disepakati, para pihak dapat menambah waktu perundingan selama maksimal 30 hari, tapi yang saat ini tidak sesuai dengan keputusan menteri," ujarnya.

Kedepankan Dialog

Lebih dari 2 Ribu Aparat Tetap Dikerahkan ke MK Meski Relawan Prabowo-Gibran Batal Aksi

Dia menuturkan, manajemen Freeport berharap dapat melanjutkan perundingan untuk mencapai kesepakatan yang adil, wajar demi kesejahteraan para karyawan non staf. "Tidak ada dasar hukum untuk segala bentuk penghentian pekerjaan atau pemogokan, karena UU mengendepankan dialog berkelanjutan dan mediasi.

Mediasi formal telah dijadwalkan pada hari ini oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi di Jakarta untuk mencari solusi bagi pemogokan dan untuk mencapai PKB (Perjanjian Kerja Bersama)," jelasnya.

Ramdani menerangkan, perundingan berjalan dan manajemen menawarkan tawaran yang menarik dalam rangka peningkatan kesejahteraan karyawan. "Kami sudah tawarkan paket kompensasi yang terbaik dan pernah ditawarkan kepada karyawan di seluruh Indonesia.

6 Tips Super Mudah Agar Tetap Wangi Setelah Berolahraga Intensif

Dan manajemen akan bersedia melanjutkan proses tawar menawar komponen dalam paket tersebut, selama perjalanan proses perundingan," tuturnya.

(Laporan: Banjir Ambarita| Papua)

Areum mantan member T-ara

Areum Eks T-ARA Akhirnya Putus dengan Pacarnya Usai Menimbulkan Kontroversi

Areum eks T-ARA baru-baru ini dikabarkan telah mengakhiri hubungan dengan pacarnya setelah beberapa peristiwa dramatis yang mencakup upaya bunuh diri dan kontroversi.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024