Kronologi Kapal Karam di Bali

Tim SAR evakuasi korban kapal feri Dumai Express 10 yang tenggelam
Sumber :
  • Antara/ Riadi

VIVAnews – Kapal Motor Sri Murah Rezeki karam di perairan Jungut Batu Nusa Lembongan, Bali lantaran dihantam gelombang dan cuaca buruk. Gubernur Bali Made Mangku Pastika menjelaskan kronologi kecelakaan kapal nahas itu.

Pastika mengatakan kapal tersebut mengangkut orang dan gamelan dari Nusa Penida ke Nusa Lembongan. “Jadi, orang-orang yang diangkut itu merupakan keluarga besar di Nusa Penida yang mengunjungi keluarganya di Nusa Lembongan yang sedang ngaben pada Selasa kemarin. Karena mereka tergabung dalam sekaa gong (pemain gamelan), maka mereka sekalian gamelan di sana diangkut,” kata Pastika, Rabu 21 September 2011.

Mantan Kapolda Bali itu melanjutkan, kapal itu bermuatan 36 orang, di antaranya 33 orang penumpang dan 3 orang kru kapal. Usai menghadiri acara ngaben keluarga mereka, sekira pukul 23.00 WITA, rombongan bertolak kembali ke Nusa Penida. Namun, kapal tersebut baru diketahui karam pada pukup 01.00 WITA dinihari tadi.

“Dalam rombongan tersebut juga ada satu keluarga berjumlah empat orang yang semuanya berpofesi sebagai guru. Satu orang sudah ditemukan selamat, sementara tiga belum ditemukan,” tutur Gubernur.

Dari pantauan Gubernur, kapal itu terbalik di tengah laut dengan posisi tertelungkup. “Jadi dari atas helikopter terlihat jelas kapal itu terbalik,” jelasnya.

Sementara itu, mengenai jenis kapal, Pastika mengaku belum mengetahui secara pasti. Pasalnya, tiga orang kru kapal hingga saat ini belum diketemukan. “Kalau dilihat kapal itu ukuran 30 orang gitulah. Tetapi sepertinya kapal itu keberatan juga, karena angklung itu berat loh,” terkanya.

Hingga saat ini, katanya, tim SAR dan gabungan masih melakukan pencarian terhadap korban hilang. Data sementara 11 orang ditemukan selamat, 11 ditemukan tewas dan 14 masih hilang. “Tim SAR masih di TKP, masih melakukan pencarian. Posisi korban juga terpencar, ada yang ditemukan dekat dengan lokasi kejadian, ada juga yang jauh sekali dari lokasi kejadian." (eh)

Laporan: Bobby Andalan |Bali

Mendag: Kami Siap Meluncurkan Roket Bertenaga Metana Perdana
Brigade tanggap bencana KSPSI siagakan posko mudik Lebaran 2024

KSPSI Siagakan Posko Mudik Lebaran 2024 Lewat Brigade Tanggap Bencana

Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) pimpinan Andi Gani Nena Wea lewat Brigade Tanggap Bencana ikut berpartisipasi aktif dalam arus mudik Lebaran 2024.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024